Mempelajari penggunaan segala produk eye makeup bisa saja menjadi hal yang membingungkan. Namun, jika kamu mengetahui basic penggunaan dan sering melakukan percobaan, eye makeup bisa kamu lakukan dengan mudah.
source: http://www.goodhousekeeping.com/beauty/makeup/a35631/how-to-apply-eye-makeup-guide/

Dilansir dari Goodhousekeeping.com, berikut panduan yang bisa kamu gunakan untuk terapkan produk eye makeup.

Brow Bone (Tulang Alis)

Jika kamu ingin menonjolkan bagian alis dan membuat area mata lebih besar maka aplikasikan matte atau shimmery pale eyeshadow pada bagian ini, yaitu area yang terletak pas di bawah alis.

Benefit High Brow Glow Brow Highlighter

Lid (Kelopak Mata)

Pada umumnya penggunaan eyeshadow dan warna utama eyeshadow diaplikasikan pada bagian ini. Namun tidak sedikit juga yang mengimprovisasi penggunaan eyeliner hingga ke area kelopak mata. Setiap orang memiliki permukaan kelopak mata yang berbeda-beda, ada yang cenderung lebar dan ada pula yang kecil. Hal inilah yang kemudian membuat pengaplikasian eyeshadow sedikit berbeda pada setiap orang.

Crease (Lipatan)

Bagian ini terletak di antara tulang alis dan kelopak mata. Aplikasikan eyeshadow dengan warna yang lebih gelap daripada warna utama eyeshadow yang kamu gunakan, di sepanjang rongga mata untuk menambah dimensi pada tampilan mata. 

Jika kamu memiliki hooded eyes (tipe mata dengan lipatan kelopak yang tenggelam/ tidak terlihat) maka diperlukan beberapa percobaan untuk menemukan letak pengaplikasian yang pas. Cobalah di beberapa tempat untuk menemukan tempat yang pas untuk ciptakan bayangan lipatan mata.

MAC 4 Pillars: Eye Shadow X4
NYX The Smokey Shadow Palette

Outer V (Sudut Mata Luar)

Eyeliner atau eyeshadow dengan nuansa gelap biasanya diaplikasikan pada sudut mata bagian terluar dengan gerakan membentuk huruf "V". Namun kamu juga bisa membaurkan produk makeup yang digunakan dengan gerakan membentuk huruf "C" untuk hasil yang lebih lembut. 

Upper Lashline (Garis Bulu Mata Bagian Atas)

Merupakan area di sepanjang tepi kelopak mata bagian atas. Kamu bisa aplikasikan eyeliner, eyeshadow, atau bahkan mascara pada area ini untuk mempertegas bentuk mata. 

Waterline (Tepi Mata Bagian Dalam)

Posisi waterline terletak di sepanjang area bagian dalam mata bagian bawah, antara bulu mata bagian bawah dan bola mata. Aplikasikan dark eyeliner pada bagian ini untuk smoky look, atau pale nude eyeliner untuk membuat tampilan mata lebih lebar dan lebih 'hidup'.

Smashbox Always Sharp Waterproof Kohl Liner
NYX Retractable Eye Liner - White

Lower Lashline (Garis Bulu Mata Bagian Bawah)

Lower lashline terletak pas di bawah waterline. Kamu bisa aplikasikan eyeliner ataupun eyeshadow pada bagian ini untuk mempertegas tampilan mata.

Tear Duct (Sudut Mata Dalam)

Aplikasikan sedikit nude atau shimmery eyeshadow pada sudut mata bagian dalam untuk memberikan efek tampilan mata lebih lebar dan 'hidup'. 

MAC Eyeshadow - Nylon
MAC Eyeshadow - Phloof!