Bersihkan Wajah

Kamu cukup membilas dengan air bersih saja. Air setidaknya dapat melunturkan minyak dan kotoran yang sudah bercampur pada wajahmu. Apabila kotoran ini tidak dibersihkan, riasan wajahmu tidak akan bisa maksimal, bahkan bisa menyebabkan timbulnya masalah jerawat.

Pilih Foundation yang Tepat

Sekarang ini kamu sudah bisa menemukan banyak sekali foundation yang dirancang khusus untuk kulit berminyak, baik dalam bentuk liquid maupun powder. Bila kamu suka memakai foundation cair, pakailah yang berlabel oil free atau oil control. Namun bila wajahmu sangat berminyak, sangat disarankan untuk memakai pressed powder foundation. Bentuknya sama dengan bedak padat lainnya, sehingga ia mampu menyerap minyak di wajah dengan baik.

Pilihlah Bedak Tabur

Bedak tabur sangat dianjurkan bagi wajah berminyak. Alasannya karena bedak tabur dapat menyerap minyak dengan baik pada wajah sehingga wajah tak akan terlihat mengkilap. Sedangkan bedak padat mengandung minyak yang justru bisa membuat makeup-mu makin berantakan.

Kosmetik Waterproof

Musuh utama dari makeup adalah air dan minyak. Nah, agar makeup yang kamu pakai dapat bertahan lama selama kamu beraktivitas, pakailah kosmetik uang berlabel waterproof, water-resistant, atau long-lasting. Meskipun kamu sedang aktif bergerak hingga mengeluarkan banyak keringat atau minyak, makeup-mu tak akan mudah terhapus, sehingga kamu bisa tampil cantik sepanjang hari.

Siapkan Kertas Minyak

Wajib untuk membawa kertas minyak atau tisu setiap kali beraktivitas. Meskipun kamu sudah memakai bedak atau pelembap yang dapat menyerap minyak, bukan berarti wajahmu akan benar-benar terbebas dari minyak. Wajahmu masih akan terus mengeluarkan minyak, jadi pastikan jumlahnya tetap terkontrol.

Untuk mengatasinya, kamu cukup membersihkannya menggunakan kertas penyerap minyak. Agar makeup tidak terhapus, jangan menggosokkan kertas minyak tersebut, cukup ditekan-tekan saja ke daerah wajah yang mulai berminyak..