1. Terlambat Datang Saat Wawancara

Datang terlambat menunjukkan ketidakseriusan pelamar dalam menghadapi proses wawancara.
source: http://holykaw.alltop.com/job-interview-questions-you-shouldnt-ask
Manajer HRD dan stafnya memiliki kesibukan tinggi, jika Anda membuang waktu mereka dikarenakan Anda telat maka Anda tidak akan meninggalkan kesan yang baik. Banyak HRD akan menolak Anda hanya dikarenakan masalah keterlambatan.
source: http://www.jobstreet.co.id/career-resources/10-hal-yang-dapat-membuat-wawancara-kerja-anda-gagal/#.VRCtHeFH468

2. Bersikap Tidak Sopan

Menerima telepon saat proses wawancara berlangsung menunjukkan sikap yang tidak menghormati pewawancara. Selain itu, bahasa tubuh yang mengganggu juga membuat pewawancara menilai pelamar tidak serius.
source: http://voiceglance.com/5-steps-to-building-the-perfect-job-interview/
Duduk bersandar dapat membuat Anda terlihat malas sementara duduk terlalu maju membuat Anda terlihat agresif. Cobalah untuk duduk dengan tegak, jangan silangkan lengan Anda dan berhati-hatilah dengan rasa gugup yang Anda miliki, jangan gigit kuku atau memutar-mutar rambut Anda. Perhatikan setiap kata yang disampaikan HRD hingga mereka tahu bahwa Anda tertarik dan mendengarkan, tidak ada yang lebih buruk dari mendapatkan penolakan dikarenakan Anda terlihat tidak tertarik dengan lowongan yang dibuka.
source: http://www.jobstreet.co.id/career-resources/10-hal-yang-dapat-membuat-wawancara-kerja-anda-gagal/#.VRCtHeFH468

3. Berpakaian Tidak Pantas

Memakai celana jins, baju yang terbuka, berantakan, dan kelewat santai akan membuat pewawancara berpikir kalau Minasan tidak serius dalam melamar pekerjaan.
source: http://internsdc.com/employment-tips/so-when-can-i-expect-an-offer/
Pakaian yang Anda pakai berantakan, terlalu menyolok, ketat, terlalu terbuka sehingga tidak indah dilihat.
source: http://tipskarir.com/faktor-penyebab-gagal-wawancara-kerja/

4. Mengatakan Hal yang Tidak Pantas

source: http://salesjobinterviewguide.com/category/important-reminders/
Ada banyak cara yang membuat perkataan Anda terlihat tidak pantas di hadapan HRD tanpa Anda sadari. Utnuk menghindari hal ini selalu perhatikan reaksi HRD jika mereka terlihat kaget dengan perkataan Anda, sebaiknya Anda segera berhenti dan meminta maaf serta coba untuk memperbaiki kesalahan Anda.
source: http://www.jobstreet.co.id/career-resources/10-hal-yang-dapat-membuat-wawancara-kerja-anda-gagal/#.VRCtHeFH468

5. Membicarakan Sisi Pribadi secara Berlebihan

Mengatakan informasi menganai hal pribadi boleh-boleh saja jika diminta pewawancara. Namun, Minasan jangan terlalu banyak mengumbar kisah pribadi yang sebetulnya tidak perlu dan malah membuang-buang waktu wawancara yang terbatas.
source: http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=328452:mengajukan-pertanyaan-saat-interview&catid=54:gaya-hidup&Itemid=84

6. Terlalu Percaya Diri

Percaya diri boleh, namun jangan berlebihan. Kalau Minasan terlalu percaya diri dan sok tahu saat diwawancarai, pewawancara akan menilai Minasan terlalu sombong.
source: http://www.virtualvocations.com/blog/tag/job-interview-tips/

7. Menceritakan Keburukan Perusahaan atau Atasan Terdahulu

source: http://blog.execboardinasia.com/hr-recruitment/what-not-to-say-in-a-job-interview
Anda tidak akan pernah tahu jika mantan atasan mengenal seseorang di tempat Anda melamar. Jika Anda lakukan hal ini maka akan muncul kekhawatiran dari HRD bahwa Anda akan membicarakan keburukan mereka di masa yang akan datang dan ternyata Anda bukan pemain tim yang baik.
source: http://www.jobstreet.co.id/career-resources/10-hal-yang-dapat-membuat-wawancara-kerja-anda-gagal/#.VRCtHeFH468

8. Tidak Siap

Ketidaksiapan ditandai dengan jawaban yang ragu-ragu dan plin-plan dalam menjawab pertanyaan pewawancara. Kalau Minasan ragu untuk melamar di perusahaan itu, bagaimana mungkin perusahaan mau menerima?
source: http://workplacelearningsolutionsblog.com/defeating-the-fear-of-failure/
Penyebab gagal saat tes wawancara adalah Anda terlalu gugup atau grogi dan ini merupakan salah satu contoh kurangnya kesiapan mental diri Anda. Hal ini bisa dilihat dari cara Anda menjawab semua pertanyaan saat wawancara.
source: http://tipskarir.com/faktor-penyebab-gagal-wawancara-kerja/
Itulah alasan-alasan yang bisa membuat seorang pelamar gagal dalam proses wawancara. Yuk, hindari sikap-sikap tersebut agar Minasan dapat berhasil dalam proses wawancara. Good luck!