Minyak Buah Alpukat

Minyak buah alpukat adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan produk skincare. Minyak buah alpukat mengandung linoleic acid sebanyak 15%, linolenic acid 0,8% dan oleic acid 65%. Bahan kosmetik ini cocok untuk kulit kering yang berjerawat namun, bahan ini dapat menyebabkan penumpukan minyak pada pori kulit sehingga berisiko untuk memunculkan komedo.

Namun, apabila kulit kamu dapat beradaptasi, minyak ini sangat baik untuk melembapkan dan menghaluskan dan mencerahkan warna kulit wajah. Linolenic acid adalah bahan yang memiliki kontribusi paling besar terhadap pembentukan komedo di pori.

Minyak ini tergolong dalam minyak yang 'berat' jika digunakan untuk kulit. Maka sebaiknya penggunaannya tidak dicampur bahan atau skincare lain dan digunakan di malam hari.

source: http://lifestyle.analisadaily.com/read/manfaat-luar-biasa-dari-minyak-alpukat/154418/2015/07/25

Minyak Bunga Camelia dan Biji Teh Hijau

Minyak biji Camellia oleifera memiliki kandungan linoleic acid sebanyak 7% dan oleic acid mencapai 79%. Pada dasarnya, minyak ini tidak terlalu menimbulkan komedo. Namun, jika dicampur dengan minyak biji teh hijau minyak ini berisiko menimbulkan komedo di wajah.

Minyak biji teh hijau sebenarnya sangat baik untuk mengatasi masalah kulit berjerawat karena mengandung antibakteri yang sangat tinggi. Selain itu, minyak ini baik untuk melawan tanda penuaan dini dan menghaluskan tekstur kulit. Mampu mengatasi kemerahan dan peradangan pada wajah, melembapkan dan menghilangkan kerutan pada wajah.

source: http://www.sofiessecret.com/ingredients-c.html

Minyak Biji Chia

Minyak biji chia adalah salah satu bahan skincare yang sedang menjadi tren sebagai bahan pembuatan kosmetik wajah. Bahan ini memberikan nutrisi untuk kesehatan karena tinggi kandungan omega 3. Namun sayangnya, omega 3 adalah salah satu bahan yang menjadi pemicu munculnya komedo di wajah. Bahan ini dapat digunakan sebagai bahan yang sangat baik sebagai penutrisi kulit namun penggunaanya tidak boleh terlalu sering.
 

source: https://www.healthtap.com/topics/chia-seeds-and-blood-thinners

Butter Cokelat

Cocoa butter mengandung linoleic acid sebanyak 3%, oleic acid 35% dan stearic acid 35%. Tekstur bahan ini sangat lembut dan sedikit padat namun sangat cocok digunakan untuk melembapkan kulit yang terlalu kering. Karena tinggi linoleic dan stearic acid, bahan ini dapat menyebabkan timbulnya komedo pada kulit wajah.

Sedikit penggunaan bahan ini dibawah area mata dapat menghilangkan kerut halus di sekitarnya. Karena menyebabkan penutupan pori kulit maka sangat tidak cocok untuk digunakan pada kulit yang mudah berjerawat.

source: http://www.eatwell101.com/cocoa-butter-recipe-cocoa-butter-benefits

Coconut Butter

Butter dari daging buah kelapa memili kandungan linoleic acid sebanyak 3,2%, oleic acid 35%, pamitic acid 26%, dan stearic acid 35%. Bahan ini sangat baik jika digunakan untuk melembapkan kulit kering yang pecah-pecah dan untuk memudarkan noda hitam di kulit.

Namun, bagi kamu yang memiliki kulit mudah berjerawat dan berkomedo jangan sekali-kali mencobanya karena kandungan stearic acid yang tinggi pada butter ini dapat menutup pori kulit dan menyebabkan komedo serta memicu timbulnya jerawat.

source: http://www.naturesbeststuff.com/ultimate-guide-to-buying-coconut-butter/