1. Mencari Tahu Profil Perusahaan yang Dilamar

Beberapa hari sebelum wawancara, sempatkan meriset perusahaan yang Minasan lamar. Ini penting agar Minasan dapat menjawab pertanyaan pewawancara seputar perusahaan tersebut.
source: http://www.ehow.com/how_2030853_job-interview-start.html
Anda juga bisa menyampaikan pandangan pribadi Anda mengenai perusahaan tersebut sebagai bentuk ketertarikan serta keseriusan Anda untuk bisa bergabung di perusahaan yang Anda lamar.
source: http://www.berjibaku.com/2012/09/tips-wawancara-kerja-yang-baik-dan.html

2. Survey Lokasi

Ada baiknya Minasan melakukan survei tempat wawancara. Terutama bagi Minasan yang tinggal di kota yang berbeda. Ini untuk menghindari kebingungan dan mencegah keterlambatan saat mengikuti wawancara di hari H.
source: http://www.greendealsolutions.net/about-green-deal-solutions/company-profile

3. Datang Lebih Awal Sebelum Wawancara Dimulai

Upayakan datang lebih awal sebelum proses wawancara. Hal ini perlu dilakukan untuk mempersiapkan diri dan mengatasi kegugupan menjelang proses wawancara.
source: http://www.huffingtonpost.ca/caitlin-mckay/job-interview-tips_b_5705449.html
Anda bisa datang 15-20 menit lebih awal untuk merapikan serta mempersiapkan diri anda. Dan jika Anda mengalami keterlambatan, segera informasikan kepada pewawancara dengan menghubungi perusahaan tersebut.
source: http://www.berjibaku.com/2012/09/tips-wawancara-kerja-yang-baik-dan.html

4. Berpakaian Rapi dan Formal

Berpakaianlah rapi dan formal. Kenakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat.
source: http://internsdc.com/employment-tips/so-when-can-i-expect-an-offer/
Untuk pria pakailah pakaian kameja lengan panjang dengan warna cerah namun tidak norak atau mencolok. Hal ini memiliki penilaian psikologis oleh si pewancara. Normalnya pakaian yang dipakai untuk wawancara kerja adalah kemeja putih dan celana panjang warna hitam dengan bahan keper. Untuk wanita, pakailah pakaian yang menunjukan Anda seorang pekerja, dan jangan ber make up terlalu tebal, bermake up lah sewajarnya.
source: http://cdc.eng.ui.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=646:5-tips-paling-efektif-dalam-menghadapi-wawancara-kerja&catid=38:cat-artikel&Itemid=91

5. Ucapkan Salam dan Jabat Tangan

Ucapkaan sapaan yang ramah pada pewawancara sambil tersenyum. Kemudian sodorkan tangan untuk berjabat tangan. Genggam tangan pewawancara dengan mantap, tidak terlalu erat tapi juga tak terlalu lemah.
source: http://onthejob.45things.com/2015/02/how-to-make-any-job-interview-pay-off.html
Saat Anda memasuki ruangan, ucapkanlah salam dengan intonasi suara yang tepat. Misalnya dengan ucapan salam "Selamat pagi Pak/Bu", atau Anda bisa menambahkan kata-kata pamungkas "Senang bisa bertemu dengan Anda" atau "Sebuah kehormatan bisa bertemu dengan Anda". Kata-kata pujian atau complimentary merupakan kata-kata yang pasti setiap orang senang mendengarnya.
source: http://www.berjibaku.com/2012/09/tips-wawancara-kerja-yang-baik-dan.html

6. Siapkan Jawaban dari Pertanyaan Wawancara

Sebelum wawancara, siapkan daftar pertanyaan yang mungkin muncul dalam proses wawancara. Siapkan pula jawaban terbaik untuk pewawancara.
source: http://lifehacker.com/whats-the-most-unusual-question-youve-been-asked-in-a-897826415
Hal ini perlu Anda lakukan, dengan Anda melakukan persiapan ini, kepercayaan diri Anda akan bertambah, sehingga tidak membuat Anda khawatir lagi untuk tidak dapat menjawab pertanyaan dari interviewer.
source: http://cdc.eng.ui.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=646:5-tips-paling-efektif-dalam-menghadapi-wawancara-kerja&catid=38:cat-artikel&Itemid=91

7. Tunjukkan Semangat dan Antusiasme

Selama proses wawancara, tunjukkan semangat dan antusiasme dalam menjawab pertanyaan pewawancara. Hal ini penting karena pewawancara akan menilai keseriusan Minasan dalam melamar posisi yang diinginkan. Lakukan kontak mata dengan pewawancara dan berbicaralah dengan jelas. Usahakan tetap rileks dalam menjawab pertanyaan agar tak terlihat gugup atau terkesan agresif.
source: http://www.howtofaceaninterviewhq.com/
Tebarkan senyum hangat dan lakukan kontak mata kepada pewawancara. Kontak mata merupakan salah satu indikasi rasa percaya diri serta salah satu bentuk fokus perhatian dari Anda yang diberikan kepada pewawancara.
source: http://www.berjibaku.com/2012/09/tips-wawancara-kerja-yang-baik-dan.html

8. Ucapkan Terima Kasih dan Jabat Tangan dengan Pewawancara

Setelah proses wawancara selesai, ucapkanlah terimakasih pada pewawancara atas kesediaan meluangkan waktu untuk mewawancarai Minasan. Sodorkan tangan untuk berjabatan tangan dengan pewawancara sambil tersenyum.
source: http://www.business2community.com/human-resources/5-tips-nail-job-interview-01179660
Semoga tips-tips ini bermanfaat ya bagi Minasan yang akan melalui proses interview! Semoga sukses!