Tutorial ini didapatkan dari video yang diunggah Dhana Xaviera di akun channel Youtube nya dengan judul Fresh & Natural Makeup Tutorial [Indonesian Sub] | DXB ♡

youtube:PCe3e23WzkU
source: https://www.youtube.com/watch?v=PCe3e23WzkU
Fresh & Natural Makeup Tutorial [Indonesian Sub] | DXB ♡

1. Menggunakan Tinted Moisturizer

Dalam videonya ini, Dhana menggunakan tinted moisturizer yang dibuat sendiri olehnya. Caranya cukup mudah yaitu hanya dengan mencampurkan moisturizer dan foundation dengan perbandingan 1:1 kemudian dibaurkan secara bersamaan. Untuk hasil yang sempurna maka keduanya harus dibaurkan dengan cepat karena beberapa foundation memiliki tekstur yang cepat mengering.

Aplikator yang digunakan dalam tahap ini adalah flat top brush, sedangkan produk yang digunakan adalah Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15 dan Revlon Colorstay Foundation in Medium Beige. Selain menggunakan cara ini kamu juga bisa menggunakan BB cream, CC cream, ataupun DD cream jika ingin menghasilkan tampilan yang natural. Penggunaan foundation tanpa dicampur dengan moisturizer seperti ini akan menghasilkan tampilan makeup yang cenderung heavy dan kurang natural.

2. Menggunakan Concealer

Karena tinted moisturizer maupun BB cream menghasilkan coverage yang sheer to medium maka masih diperlukan concealer untuk menutupi kekurangan di wajah. Namun jika kondisi kekurangan di wajah kamu tidak terlalu parah dan sudah tertutupi oleh tinted moisturizer maka tahapan ini tidak perlu dilakukan kembali. Beberapa kekurangan yang dapat ditutupi dengan concealer diantaranya adalah lingkaran hitam di bawah mata dan kemerahan di sekitar hidung.

Untuk warna concealer yang digunakan di daerah lingkaran hitam di bawah mata yaitu 1 hingga 2 tingkat lebih terang dari warna kulit wajah sehingga terlihat lebih cerah. Sedangkan untuk daerah sekitar hidung, warna concealer yang digunakan adalah senada dengan warna kulit wajah. Produk yang digunakan Dhana dalam tahap ini adalah MAC Pro Conceal and Correct Palette in Medium.

3. Menggunakan Bedak

Setelah menggunakan base makeup tadi maka langkah selanjutnya adalah menggunakan bedak. Penggunaan bedak ini cukup penting bagi pemilik kulit berminyak untuk menjaga supaya base makeup yang sudah digunakan sebelumnya tidak berpindah tempat.

Satu hal yang perlu diingat saat menggunakan bedak yaitu jangan diaplikasikan dengan cara di-swap namun cukup ditepuk saja. Bedak yang digunakan adalah Maybelline White Super Fresh White UV Cake Powder in Medium.

4. Menggambar Alis

Tahap selanjutnya adalah menggambar alis. Untuk menghasilkan tampilan yang natural cukup membingkai alis dengan cara mengikuti bentuk asli alis kamu saja. Jenis eyebrow yang cocok digunakan untuk natural look adalah eyebrow pencil ataupun eyebrow powder. Produk yang digunakan Dhana dalam menggambar alis adalah Maybelline Eye Studio Master Brow Pencil.

5. Menggunakan Eyeshadow

Sebelum menggunakan eyeshadow maka perlu menggunakan eye primer terlebih dahulu supaya warna eyeshadow lebih pigmented. Jika kamu tidak memiliki eye primer maka dapat menggunakan concealer yang kamu miliki. Produk eyeshadow palette yang digunakan adalah Urban Decay Naked 2 Palette.

Warna eyeshadow yang digunakan pertama kali adalah warna terang seperti gold, silver, ataupun krem dengan tekstur shimmery  di seluruh bagian kelopak mata. Kemudian menggunakan warna gelap seperti cokelat dengan tekstur matte di bagian crease supaya tampilan kelopak mata terlihat lebih dalam. Terakhir yaitu menggunakan warna terang seperti krem muda dengan tekstur shimmery di bagian inner eye untuk memberikan efek tampilan yang segar.

6. Menggunakan Eyeliner

Sebenarnya tahapan ini adalah tahapan opsional karena beberapa orang tidak terlalu suka menggunakan eyeliner dan lebih memilih menggunakan mascara saja. Namun, penggunaan eyeliner mampu memberikan kesan bulu mata kita terlihat lebih tebal. Produk yang digunakan Dhana adalah L'Oreal Super Liner in Black.

7. Menggunakan Mascara

Sebelum menggunakan mascara maka kamu perlu menjepit bulu mata kamu terlebih dahulu supaya bulu mata menjadi lentik. Jangan menjepit bulu mata sesudah menggunakan mascara karena hanya akan membuat bulu mata menjadi mudah rontok. Usahakan mascara yang digunakan adalah mascara yang waterproof karena akan digunakan selama seharian. Produk yang digunakan adalah L'Oreal Butterfly Mascara.

8. Menggunakan Eyeliner Berwarna Putih

Penggunaan eyeliner berwarna putih memang masih jarang dilakukan beberapa orang. Padahal tahapan ini tidak kalah penting karena dapat memberikan tampilan mata yang terlihat lebih besar dan cerah. Caranya yaitu cukup dengan mengaplikasikan eyeliner berwarna putih ini di bagian waterline mata. Produk yang digunakan dalam tahap ini adalah Mavala Khol Kajal Pencil in White.

9. Menggunakan Bronzer

Untuk memberikan tambahan warna di dalam tampilan makeup maka dapat menggunakan bronzer. Bronzer hanya digunakan di daerah tulang pipi, dagu, dan dahi saja. Penggunaan bronzer dengan tekstur shimmery dapat memberikan efek glowy look pada riasan wajah kamu. Produk yang digunakan adalah Max Factor Bronzing Powder.

10. Menggunakan Blush

Penggunaan blush on juga cukup penting karena mampu memberikan efek segar di tampilan riasan kamu. Untuk hasil yang lebih natural gunakan cream blush dengan warna yang natural. Dalam videonya Dhana menggunakan cream blush dengan bentuk stick yaitu Benefit Fine One One Blush.

11. Menggunakan Lipstick

Tahapan paling akhir adalah menggunakan lipstick supaya tampilan makeup kamu lebih 'hidup'. Pilih warna lipstick yang natural seperti warna nude, soft pink, mauve, atau soft peach. Hindari penggunaan warna yang cenderung bold karena akan membuat tampilan terasa kurang natural. Dalam tahap ini produk yang digunakan Dhana adalah Etude House Dear My Blooming Lips Talk Lipstick.

Jika kalian ingin mendapatkan look yang seperti ini bukan berarti kalian harus membeli produk yang sama, karena yang paling penting bukan soal produknya namun soal cara kalian dalam mengaplikasikannya.