1. Menu Sarapan

Untuk mengawali pagimu, buatlah sarapan ringan, mudah, dan enak sekaligus bisa menjadi menu diet-mu. Kamu bisa membuat semangkuk oatmeal sebagai sarapan, tetapi jangan memakai susu yang terlalu manis atau gula. Tetapi jika kamu ingin memakai susu, pakailah susu yang bebas lemak. Kamu juga bisa menambahkan kismis atau buah-buahan di oatmeal-mu.


Selain itu menu sarapan lain yang sehat untuk program diet-mu adalah roti gandum. Kamu bisa memakan sepotong roti gandum dan segelas susu bebas lemak untuk menu sarapanmu.
source: http://2.bp.blogspot.com

2. Menu Makan Siang

Kamu harus banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Jika kamu ingin makan nasi, makanlah nasi merah (bisa dengan ikan rebus atau ayam rebus). Pada siang hari biasanya kamu disibukkan dengan banyak aktivitas. Jika kamu malas memasak nasi, ada makanan yang lebih simple untuk dibuat, yaitu sandwich. Kamu hanya perlu merebus ayam secukupnya dan menyiapkan 2 buah roti gandum, serta selada secukupnya. Setelah itu jadilah menu makan siang yang cepat dan tetap sehat.
source: http://smartdetoxsynergy.co.id
baca juga

3. Menu Makan Malam

Untuk makan malam, usahakan jangan lewat dari jam 19.00. Jangan memakan makanan yang berat-berat seperti nasi atau roti. Kamu cukup memakan sebuah pisang ditambah yogurt. Jika kamu masih merasa lapar, makanlah buah-buahan. Kalau bisa makanlah buah papaya. Jangan tidur terlalu malam agar kamu tidak merasa lapar di malam hari.

source: http://www.ledisia.com

4. Cara Mengatur Pola Makan yang Tepat

Jika kita ingin diet kita berhasil dan mendapat hasil yang maksimal, maka kita harus pintar-pintar dalam mengatur jadwal makan kita. Jadwal makan merupakan salah satu hal penting dalam program diet selain dengan berolahraga. Berikut jadwal makan sehat untuk diet :
- Sarapan, waktu yang tepat untuk sarapan yaitu sekitar jam 6 - 8 pagi. Waktu paling lambat adalah jam 9 pagi. Jika kalian masih bersekolah dan jam 6 adalah waktu untuk berangkat ke sekolah, kalian bisa memulai sarapan kalian lebih pagi, sekitar jam 5.
- Makan siang, jam makan siang yaitu antara jam 12 - jam 1 siang. Batas waktu jam makan siang adalah sampai jam 3. Namun usahakan jangan makan siang terlalu sore karena kamu akan merasa kenyang di waktu makan malam sehingga kamu melewatkan makan malam tetapi akan merasa sangat lapar sesaat sebelum tidur.
- Makan malam, batas waktu makan malam adalah jam 7. Jika kamu makan terlalu malam kamu tidak akan sempat berolahraga sebelum tidur dan akan merasa ngantuk, lalu itu akan menjadi timbunan lemak dalam tubuh kamu. Hal itu tentunya tidak baik bagi tubuh kamu.

source: https://www.penabiru.com
baca juga

5. Tambahan

Jika kamu sudah selesai sarapan atau makan siang maupun makan malam kemudian beberapa saat setelah melakukan itu kamu masih lapar, kamu bisa mengganjal perutmu dengan buah-buahan. Untuk penderita maag, jangan menahan laparmu berlebihan karena saat kamu mencoba menahan laparmu, kamu malah akan menjadi sangat lapar. Salah satu caranya adalah dengan mengatur pola makan sedemikian rupa. Sebagai contoh, kamu sarapan jam 6.00 lalu kamu harus memakan buah lagi sekitar jam 9.00. Meskipun kamu tidak lapar, tetaplah makan, sehingga kamu tidak akan merasa sangat lapar saat jam makan siang dan tentunya porsi makan siangmu jadi tidak terlalu banyak. Setelah makan siang, sekitar jam 3.00 makan lagi buah. Setelah makan malam, usahakan berhenti makan. Namun jika kamu merasa benar-benar lapar, kamu boleh memakan buah, usahakan jangan terlalu sering. Dan satu lagi, minumlah air putih yang banyak. Terima kasih, semoga sarannya membantu para good readers.

source: http://www.tanamanobat.net