1. Alas Bedak

Warna foundation yang sama dengan warna kulit adalah yang paling ideal untuk pemilik kulit sawo matang. Jika merasa sulit, setidaknya pilihlah warna yang mendekati warna kulitmu. Kamu masih bisa memilih warna foundation satu tingkat lebih gelap dari warna kulit atau satu tingkat lebih terang. Nah, jika kamu menggunakan foundation yang satu tingkat lebih terang dari warna kulitmu, jangan lupa untuk bubuhkan bronzer pada wajah agar dandanan terlihat lebih natural.

source: http://www.totalbeauty.com/content/slideshows/makeup-tips-african-american-140211/page2

2. Concealer

Penggunaan concealer juga perlu untuk menutupi kekurangan di wajah yang belum tertutupi secara maksimal oleh foundation. Kamu yang memiliki kulit sawo matang, pilihlah concealer dengan warna yang hangat seperti peach kecoklatan atau oranye kecokelatan. Hindari penggunaan concealer berwarna beige muda jika tidak ingin makeup terlihat aneh. Jangan lupa untuk mengaplikasikan concealer pada kelopak mata.

source: http://www.fimela.com/beauty-health/mudah-dan-praktis-ternyata-concealer-punya-banyak-fungsi-lain-1603312.html

3. Bedak

Untuk bedaknya, disarankan kamu memilih bedak dengan tekstur translucent untuk diaplikasikan ke seluruh wajah. Kamu juga bisa memilih warna bedak dengan warna yang lebih cerah dari warna concealer.

source: http://vanitynoapologies.com/10-best-loosetranslucent-powders-available-in-india-oily-dry-skin/

4. Eyeshadow

Tidaklah sulit memilih eyeshadow yang sesuai untuk kulit sawo matang. Kamu bisa memulaskan eyeshadow dengan tekstur apapun sesukamu. Untuk warnanya, sebaiknya  memilih warna-warna gelap seperti cokelat, burgundy, almond, ataupun cooper. Namun, tidak menutup kemungkinan kamu juga cocok menggunakan warna-warna terang seperti pink atau peach, asalkan pilha warna yang paling lembut dan tambahkan shimmer agar riasan mata tampak lebih hidup.

source: https://www.makeupalley.com/product/showreview.asp/ItemId=172920/The-Nudes-/Maybelline/Palettes

5. Blush

Jangan takut menyapukan blush untuk memberi rona segar pada wajahmu. Kamu bisa menggunakan blush dengan warna peach, apricot, atau orange untuk aktifitas di siang hari. Jika ada acara malam, kamu bisa mengenakan blush warna berry pink yang lembut atau warna plum dengan tambahan bronze.

source: http://www.theglamorousgleam.com/2013/01/3-sleek-makeup-blushes-that-are-perfect-for-the-brown-skinned-beauties.html

6. Lipstik

Warna lipstik seperti merah tua, cokelat keemasan, mauve, cokelat kemerahan, dan oranye dapat membuat tampilan makeup terlihat lebih menawan dan menarik. Jangan ragu untuk mengaplikasikan lipstik dengan warna-warna tersebut, asal tidak berlebihan memulaskannya.

source: https://id.pinterest.com/pin/13721973838650970/