Terkadang kita merasa kesal ketika membeli foundation dengan warna yang salah dan tidak sesuai dengan warna kulit kita, seperti memilih shade yang terlalu gelap misalnya. Jika dipaksa digunakan untuk makeup, tentu hasilnya tidak akan bagus. Penggunaan foundation dengan shade yang terlalu gelap, dapat membuat wajah terlihat lebih kusam. Tentu hal ini tidak ingin terjadi dengan kamu, bukan?

Namun, sangat disayangkan jika foundation yang sudah kita beli, menjadi tidak terpakai dan sia-sia. Jika sudah terlanjur, tentu kita harus menemukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut dan kejadian ini bisa dijadikan pelajaran agar tidak terulang kembali di kemudian hari.

Lalu, adakah yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan shade foundation yang terlalu gelap? Jawabnya, tentu saja ada. Nah, berikut ini 3 solusi mudah atasi warna foundation yang terlalu gelap.

1. Pakai Pelembap

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan foundation-mu yang terlalu gelap yaitu dengan memanfaatkan pelembap. Campur pelembap dengan foundation di atas punggung tangan. Blend secara merata dan kamu bisa menambahkan pelembap sampai menemukan shade yang cocok dengan warna kulitmu.

source: http://www.sephora.com/instant-moisturizer-cream-P276329

Sephora Collection Instant Moisturizer, Rp 235.000

2. Gunakan Bedak yang Lebih Terang

Selain pelembap, kamu juga bisa menggunakan bedak padat dengan warna yang lebih terang dari warna foundation. Aplikasikan foundation secara tipis dan merata ke seluruh wajah kemudian pulaskan bedak padat secara tipis untuk memberi kesan yang alami.

source: http://www.onceoverlightly.com/bourjois-silk-edition-compact-powder/

Bourjois Silk Edition Compact Powder, Rp 244.000

3. Campurkan Dua Warna Foundation

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memadukan dua warna foundation. Gunakan warna foundation yang lebih muda sebagai campuran foundationmu yang terlalu gelap.

source: http://www.fabogo.com/stories/204/types-of-make-up-foundations-when-to-use-them

Bagaimana, mudah bukan? Sekarang kamu tidak perlu membuang foundation yang terlalu gelap karena kamu tetap bisa menggunakannya dengan mempraktekan salah satu dari ketiga trik diatas.
Selamat mencoba!