1. Salah Memilih Shade Foundation

Baik memilih shade foundation yang terlalu gelap atau terlalu terang, keduanya menjadi kesalahan dalam makeup yang paling dasar dan fatal. Penggunaan foundation yang terlalu gelap dapat membuat kulit terlihat kusam. Sedangkan menggunakan foundation yang terlalu terang dapat membuat wajah terlihat seperti menggunakan topeng. Untuk itulah sangat dianjurkan saat membeli foundation untuk memperhatikan dan mencoba shade yang paling mendekati warna kulitmu. Jangan lupa untuk mengaplikasikan foundation ke bagian leher juga agar warna kulit wajah dan leher tidak terlihat belang.

source: http://khoobsurati.com/liquid-foundation-honored-with-queen-of-foundations-award.html

2. Mengaplikasikan Concealer ke Seluruh Wajah

Concealer memang berguna untuk menutupi kekurangan yang terdapat pada wajah seperti mata panda, ataupun bekas jerawat. Namun, bukan berarti  concealer dapat diaplikasikan ke seluruh wajah dengan harapan akan memperoleh kulit yang tampak sempurna. Penggunaan concelaer yang terlalu gelap atau terang ke seluruh permukaan kulit wajah justru dapat membuat kulit terlihat lebih kusam dan tampak lelah. Selain itu, penggunaan concealer yang berlebihan di bawah mata juga dapat memperjelas garis-garis halus atau kerutan yang ada di area tersebut sehingga membuat wajah terlihat lebih tua.

source: http://www.makeupfornoobs.com/useful-tips-on-how-to-apply-foundation/

3. Menggunakan Bedak Terlalu Gelap dan Tebal

Sama halnya dengan foundation, penggunaan bedak yang terlalu gelap juga dapat mempengaruhi tampilan warna kulit. Sesuaikan warna bedak dengan warna kulit untuk terlihat alami, atau kamu yang berkulit gelap juga bisa memilih bedak tabur dengan warna satu tingkat lebih terang sebagai finishing untuk memberi kesan wajah lebih cerah.

source: http://beauty-zone.org/technique-for-applying-face-powder/

4. Menggunakan Shimmer Berlebihan

Menggunakan shimmer dapat membuat wajah tampak lebih berkilau dan dapat menonjolkan bagian wajah jika diaplikasikan di area tersebut. Namun, tidak semua bagian wajah dapat kamu aplikasikan shimmer, biasanya shimmer disapukan di beberapa area wajah seperti tulang pipi atau tulang hidung. Memulaskan shimmer ke seluruh wajah justru akan menonjolkan garis halus yang ada di wajahmu. Untuk kamu pemilik kulit berminyak, sebaiknya hindari penggunaan shimmer jika tidak ingin wajahmu terlihat semakin mengkilap.

source: http://lifestyleentertainmentblogs.blogspot.co.id/2013/08/how-to-apply-shimmer-powder-or.html

5. Asal Dalam Membentuk Alis

Membentuk alis merupakan hal yang perlu diperhatikan karena alis akan membingkai wajahmu. Percaya atau tidak, bentuk alis yang berbeda dapat membuat tampilan wajahmu berbeda pula. Alis yang terlalu tebal dengan warna yang strong, dapat membuat wajahmu terlihat lebih tua. Selain itu, alis yang tipis dengan puncak yang terlalu tinggi juga dapat membuat wajah terlihat tua dan terkesan garang. Sebaiknya bentuk alis sesuai dengan bentuk wajah dan sesuaikan warnanya dengan warna rambutmu untuk memperoleh kesan yang alami.

source: http://blinkbrowbar.ca/choosing-the-right-eyebrow-shape-for-your-face/