1. Gelato, Italia


Kenikmatan gelato memang menjadi kebanggaan bagi masyarakat Italia. Mereka menolak menyebut gelato dengan es krim, karena gelato memang berbeda dengan es krim. Gelato memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit, lebih "padat" karena tidak mengandung air untuk menambah volume, dan tidak tahan lama layaknya es krim pada umumnya.
source: https://www.walksofitaly.com/blog/food-and-wine/what-is-gelato-italian-ice-cream

2. Mochi Ice Cream, Jepang


Jepang terkenal dengan mochi atau kue beras dengan berbagai variasinya. Biasanya mochi diisi dengan pasta kacang merah, namun disini isian kue mochi diganti dengan es krim. Bisa dibayangkan rasa lembut mochi berpadu dengan es krim yang dingin. Mmm, yummy!
source: http://dessertgirl.blogspot.com/2009/08/mochi-ice-cream.html

3. Cheese Ice Cream, Filipina


Kamu bisa menemukan es krim ini dijual dimana pun di Filipina, dari supermarket, toko-toko, sampai penjual di pinggir jalan. Es krim ini sangat populer dan menjadi favorit masyarakat Filipina. Es krim dengan rasa keju dengan potongan keju di dalamnya pasti akan memanjakan lidah kamu para pecinta keju!
source: http://angsarap.net/2012/11/02/cheese-ice-cream/

4. Kulfi, India


Kulfi terbuat dari susu murni dan memiliki tekstur yang padat seperti gelato. Masyarakat India percaya bahwa kulfi memang dibuat untuk melewati musim panas di India, karena es krim yang satu ini tidak mudah meleleh. Terdapat berbagai varian rasa tradisional seperti krim malai, mawar, mangga, kapulaga, saffron, dan pistachio.
source: http://www.mapsofindia.com/my-india/food/kulfi-the-indian-ice-cream

5. Faloodeh, Iran


Faloodeh adalah dessert beku asal Iran yang terbuat dari mi bihun yang disajikan dengan air mawar dan sirup lemon. Hidangan dingin ini menjadi pilihan yang menyegarkan bagi warga Iran di tengah iklim panas negara mereka. Kamu bisa coba membuatnya sendiri di rumah.
source: http://www.bndq8.com/naz-restaurant-bayan/

6. Dondurma, Turki


Es krim yang satu ini menjadi cukup populer di negara lain karena cara penyajiannya yang menarik. Dondurma yang berarti "beku" dalam bahasa Turki memiliki tekstur yang lembut dan lentur, juga tak mudah mencair. Es krim ini memiliki sensasi "chewy" yang akan memanjakan lidahmu.
source: http://balkon3.com/en/dondurma-ice-cream-that-refuses-to-melt/

7. Halvah Ice Cream, Israel


Halvah sebenarnya adalah nama kue khas Timur Tengah dan Asia Selatan yang menjadi sajian saat Idul Fitri. Terbuat dari adonan kacang, tepung semolina, tepung beras, gula, dan tepung maizena membuat kue ini terasa legit. Es krim halvah dibuat dengan cara mencampurkan bahan es krim dengan kue halvah ini.
source: http://sweets.seriouseats.com/2011/08/scooped-halvah-pistachio-ice-cream-middle-eastern-desserts.html

8. Es Krim Foie Gras, Perancis


Foie gras adalah nama hidangan mewah khas Perancis yang terbuat dari hati angsa. Makanan ini biasanya muncul di restoran Perancis sebagai hidangan utama yang cukup mahal. Es krim foie gras dibuat dengan bahan-bahan es krim yang dicampur dengan foie gras. Dan hati-hati buat kamu yang tidak minum alkohol, karena biasanya terdapat campuran wine di dalam es krim ini.
source: http://blogs.kqed.org/bayareabites/2012/04/13/forbidden-foie-gras/

9. Spaghettieis, Jerman


Es krim spagheti! Es krim yang satu ini dibuat dengan cetakan seperti mi kemudian disajikan dengan saus stroberi dan parutan kacang almond atau keju. Tampilannya memang mirip spagheti, jadi jangan terkecoh ya. Kalau kamu ingin mencobanya, beberapa restoran atau kafe di Indonesia mulai menyediakan menu ini kok. Biasanya lebih dikenal dengan nama noodle ice cream.
source: http://www.instructables.com/id/Spaghettieis-Ice-Cream-Spaghetti/?ALLSTEPS

10. Akutaq, Alaska


Akutaq atau eskimo ice cream ini biasanya terbuat dari lemak rusa, minyak anjing laut, air atau salju yang masih baru, buah beri, dan juga ikan. Es krim asal Alaska ini memang dibuat oleh orang-orang Alaska untuk menghangatkan badan mereka. Bahan-bahan yang digunakan juga bahan yang mudah ditemui di sana. Walaupun terkesan "menjijikkan" namun es krim ini kaya akan omega 3.
source: http://sweetstateofmine.blogspot.com/2011/05/alaska-akutaq-eskimo-ice-cream.html
Sangat unik, bukan? Kalau kamu sedang bepergian ke negara-negara di atas, jangan lupa cicipi eskrimnya, ya!