1. Gunakan Bra yang Sesuai

Mengapa peran sebuah bra begitu penting dalam menjaga kesehatan serta bentuk payudara? Sebab, jika kita salah memilih ukuran ataupun bentuk, tentu hal ini mengganggu pertumbuhan dan juga tidak menopang payudara secara maksimal. Pemilihan bra yang salah justru menyebabkan payudara kendur. Oleh karena itu, pilihlah bra dengan ukuran yang pas serta perhatikan juga cup bra yang harus kamu pakai. 

2. Berolahraga Secara Rutin

Olahraga dapat mengencangkan otot-otot tubuh termasuk otot-otot payudara. Pilihlah olahraga yang ringan, seperti senam atau lari pagi. Tentu olahraga ini mudah dilakukan dan jika dilakukan secara rutin akan memuat payudara yang kendur menjadi lebih kencang. Jika kamu sempat, kamu bisa melakukan senam di rumah. Lakukan setiap hari dan payudaramu akan memiliki bentuk yang lebih kencang.

3. Mengonsumsi Buah dan Sayur

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan payudara kendur yaitu kurangnya gizi yang baik untuk kesehatan serta tubuhmu. Mulai sekarang, evaluasi asupan gizi yang akan kamu makan dan perbanyak makan sayur dan buah. Kurangi makan makanan junk-food dan beralihlah menjadi vegetarian.

4. Memberikan Pijatan pada Payudara

Cara yang cukup efektif untuk mengencangkan payudara salah satunya adalah memberi pijatan. Kamu bisa melakukan pijatan ini di rumah setiap sebelum tidur. Gunakan minyak zaitun agar hasilnya lebih maksimal. Selain memberi nutrisi, minyak zaitun juga akan menghaluskan daerah payudara. Oleskan tipis-tipis, dan pijat dengan gerakan memutar ke arah dalam. Dengan gerakan ini, kamu akan melatih otot-otot sekitar payudara agar lebih kencang. 

5. Jangan Gunakan Bra Setiap Tidur Malam Hari

Payudara juga salah satu organ tubuh yang memiliki kulit. Oleh karena itu, biarkan kulit daerah payudara bernafas ketika kamu tidur dan biarkan payudara beristirahat setelah seharian memakai bra. Keuntungan lainnya yaitu bisa mengurangi sakit punggung dan bisa melepas rasa stres.