Batik menjadi salah satu ikon budaya Indonesia yang sudah dikenal dunia. Tak hanya sekedar kain, setiap desain batik memiliki makna dan ciri khas sendiri dari masing-masing daerah.
source: http://lifestyle.kompasiana.com

Pasar Grosir Setono, Pekalongan

source: http://sekilasbatik.blogspot.com
Pasar Grosir Sentono adalah salah satu pasar penjual batik paling besar di Pekalongan. Pasar ini cukup ramai dikunjungi pelancong yang memang sengaja ingin membeli batik murah dan cantik khas Pekalongan. Dari pusat Kota Pekalongan, pasar ini terletak sekitar 3 km di sebelah timur. Tepatnya berada di Jl Raya Baros yang merupakan Jalan Raya Cirebon-Semarang (Jalur Pantura).
source: http://travel.detik.com/read/2012/08/20/145919/1995333/1383/ini-dia-surga-belanja-batik-pekalongan
source: http://travel.detik.com

Kampung Batik Semarang, Semarang

source: http://saeitubaik.blogspot.com
Kampung Batik Semarang memang tidak selengkap di Kampung Batik Laweyan. Namun Anda bisa mendapatkan beberapa hal yang sama di dua tempat tersebut yaitu batik dan belajar membatik, serta sejarah batik. Sekarang ini ada sekitar empat pengrajin batik di Kampung Batik Semarang. Masing-masing tempat usaha ada yang memiliki lebih dari 10 orang karyawan, ada pula yang hanya sekitar 5 karyawan. Sedangkan di Semarang secara keseluruhan, ada sekitar 20 pengrajin batik motif Semarangan, dengan sekitar 600 motif batik khas Semarangan yang motifnya hampir sama dengan batik Pekalongan yang menonjolkan flora dan fauna sebagai motif utama. Namun dalam perkembangannya, batik Semarangan lebih condong ke budaya China. Sedangkan batik Pekalongan lebih terpengaruh budaya Belanda. Perbedaan lain yang tampak jelas adalah dengan adanya perpaduan warna yang digunakan. Ciri khas lain batik Semarangan adalah mengusung motif icon Kota Semarang. Seperti Gedung Lawang Sewu, Tugu Muda, dan buah asam.
source: http://gpswisataindonesia.blogspot.com/2014/02/7-tempat-wisata-belanja-murah-di.html

Pasar Beringharjo, Yogyakarta

source: http://lifestyle.kompasiana.com
Batik memang menjadi etalase utama di Pasar Beringharjo. Puluhan los dengan ratusan penjual batik menjadi pengisi bagian depan pasar. Bahkan ketika baru memasuki pintu utamanya, pengunjung sudah langsung dihadapkan dengan barisan kios penjaja batik. Begitu kuatnya citra Pasar Beringharjo sebagai sentra penjualan batik membuat banyak orang termasuk wisatawan menjadikan belanja batik sebagai agenda utama jika berkunjung ke Yogyakarta atau Malioboro. Harganya yang dikenal murah dengan pilihan corak dan bentuk yang beragam, membuat para pegiat belanja sangat dimanjakan di pasar ini.
source: http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2013/07/31/kiat-belanja-batik-murah-di-pasar-beringharjo-yogyakarta-580694.html

Pasar Klewer, Solo

source: http://transportsolo.blogspot.com
Di Pasar Klewer ini banyak sekali kios-kios yang menjual berbagai macam batik, mulai dari batik solo, batik pekalongan, batik madura, dan batik-batik daerah lain. Di Pasar Klewer juga menjual berbagai macam aneka kain, dan kebutuhan fashion lainnya dan itu terletak di lantai dua.
source: http://transportsolo.blogspot.com/2014/07/pasar-klewer-tempat-belanja-batik-murah.html
Meskipun dijual di pasar, batik-batik yang ada di Pasar Klewer ini juga ada yang berkualitas bagus, termasuk Batik Tulisnya. Dan tidak semuanya harganya pasaran (murah). Batik senilai jutaan rupiah juga dapat Anda beli di Pasar Klewer ini, dan asiknya kita dapat menawarnya secara langsung.
source: http://transportsolo.blogspot.com/2014/07/pasar-klewer-tempat-belanja-batik-murah.html
Selamat berburu batik, Minasan!