Pernah mendengar istilah fair trade? Biasanya istilah ini hanya terdapat pada brand kecantikan tubuh tertentu. Fair trade merupakan istilah sebuah perusahaan membeli produk dari para petani atau pekerja dengan harga yang menguntungkan kedua belah pihak serta tidak mengujikannya pada hewan. Beberapa produk tersebut biasanya menggunakan bahan-bahan organik yang ramah lingkungan. 

Selain itu bahan-bahan yang digunakan juga tidak mengandung bahan yang berbahaya untuk kulit. Produk seperti ini bisa menjadi pertimbangan untuk kamu. Enggak hanya melindungi kulit, kita juga ikut berpartisipasi untuk kesejahteraan para petani atau pekerja dalam membuat produk serta terhadap lingkungan. Berikut beberapa brand perawatan kulit  yang peduli terhadap lingkungan.

1. The Body Shop

Perusahaan ini memang sudah lama mengimplementasikan fair trade. Mereka gencar melawan isu sensitif seperti kekerasan domestik melalui yayasan Community Trade. Kosmetik asal Inggris ini pertama kali didirikan oleh Anita Roddict. Saat ini produk The Body Shop mencakup beberapa produk perawatan tubuh mulai dari bath and body care, skincare, kosmetik, hingga parfum. Tahun ini The Body Shop melakukan kampanye terbaru bertajuk 'Enrich Not Exploit'. Salah satu produk The Body Shop yang menjadi best seller yaitu Tea Tree. 
 

source: http://minimalismonumpedestal.blogs.sapo.pt

2. L’Occitane

Didirikan sejak tahun 1976, L’Occitane menggunakan bahan-bahan alami dari tumbuhan. Lihat saja hampir semua produknya mengandung minyak bunga dan minyak tumbuhan. Produk ini juga tidak menguji pada hewan serta bahannya didapat secara fair trade. Hampir sama dengan The Body Shop, hanya saja L’Occitane tidak memproduksi kosmetik. Salah satu produk terbaik yang bisa kamu coba yaitu Almond Moisturizer Shower Oil.

source: http://www.posedubai.com/beauty/beauty-buzz/almond-range-by-loccitane.html

3. Lush

Produk asal Inggris ini juga pernah mengusung kampanye dengan mendukung konservasi yang melindungi ikan hiu. Lush meluncurkan produk yang diberi naman 'Shark Fin Soap'. Produk Lush sendiri merupakan produk handmade yang dibuat dari bahan-bahan alami yang menarik perhatian. Kamu pasti setuju bahwa Lush memiliki produk dengan kemasan yang begitu unik. Salah satu produk yang bisa kamu coba yaitu Lush Bubbleglum Lip Scrub yang nyaman digunakan pada bibir.

source: https://www.lushusa.com/on/demandware.store/Sites-Lush-Site/en_US/Blog-Posts?cid=article_how-to-choose-shampoo

4. Wangsa Jelita

Salah satu produk dari Indonesia juga memiliki perhatian khusus terhadap Community Fair Trade. Wangsa Jelita memberdayakan petani mawar lokal sebagai bahan baku dalam pembuatan produk kecantikan. Produknya juga bervariatif mulai dari produk perawatan sabun mandi, perawatan badan, serta perawatan wajah. 

source: http://www.wangsajelita.com/id