Belimbing

Siapa sangka, buah yang kerap kita temukan di pasar dan swalayan ini ternyata mengandung racun. Belimbing mengandung caramboxin serta oxalic acid yang berbahaya untuk penderita gagal ginjal, batu ginjal, atau orang yang sedang menjalani kidney dialysis. Bila dikonsumsi, mereka dapat mengalami cegukan, mual dan muntah, kebingungan, bahkan terkadang kematian. Caramboxin tergolong sebagai neurotoxin yang beracun untuk jaringan syaraf.

Meski terdengar mengerikan, untungnya kandungan caramboxin dan oxalic acid yang terkandung dalam buah belimbing cukup rendah untuk diproses oleh tubuh manusia yang sehat, Beautynesian. Hanya penderita gangguan fungsi ginjal yang tak dapat memproses dan membuang kandungan neurotoxin dalam buah belimbing. Jadi jangan khawatir, ya!

source: http://www.oramsnurseries.com.au/product/averrhoa-carambola-carambola-ornamental-tree-with-purple-tinged-flowers-fruit-is-10-to-15cm-long-with-high-wings-or-ribs-grafted-cultivars-are-grown-for-their-sweet-juicy-flavour-heavy-fruit/


 

baca juga

Lychee atau Leci

Awal tahun 2017, dunia digegerkan dengan insiden tewasnya anak-anak di India bagian utara setelah mengkonsumsi buah leci. Selama dua dekade terakhir, wilayah Bihar dilanda insiden ini. Anak-anak yang terlihat sehat dan segar, mendadak kehilangan kesadaran serta mengalami kejang. Nyaris setengahnya meninggal dunia.

Para peneliti akhirnya menemukan jawaban atas kejanggalan ini. Anak-anak yang menjadi korban rata-rata baru saja mengkonsumsi buah leci. Leci mengandung racun methylenecyclopropylglycine (MCPG) yang dapat menghambat tubuh memproduksi glukosa. Para korban berasal dari keluarga miskin yang cenderung makan kurang dari dua kali sehari. Sementara itu, Bihar adalah wilayah produsen leci terbesar di India. Jadi, para korban dengan tingkat gula darah rendah diperkirakan mengkonsumsi buah leci yang semakin menghambat produksi glukosa, sehingga korban kemudian menderita hypoglycemia dengan gejala seperti pingsan dan kejang.

Akan tetapi, kamu nggak perlu pantang makan buah leci, kok. Sebaiknya kamu memilih buah leci yang sudah matang, dan jangan dikonsumsi dalam jumlah berlebihan saat perut kosong. Lagipula, diduga ada peranan faktor lain terkait insiden di India.

source: http://www.bbc.com/news/world-asia-india-38831240


 

Manchineel

Sekilas, buah yang satu ini nampak seperti buah apel hijau biasa. Masa sih, pohon dengan julukan "beach apple" dapat mengandung racun?

Eits, ternyata buah dan seluruh bagian lain dari Manchineel beracun, lho! Tumbuhan ini lazim ditemui di wilayah Karibia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan bagian utara. Menurut Nicola Strickland yang memakannya secara tak sengaja, buah ini terasa sangat manis. Tak lama kemudian, muncul sensasi terbakar disertai dengan rasa sakit yang amat sangat di bagian mulut dan tenggorokan, sehingga mereka tak dapat menelan apapun. Konon, getah pohon ini juga digunakan untuk membuat panah beracun. Asap dari pohon Manchineel yang terbakar dapat menimbulkan iritasi mata.

Sebaiknya jauh-jauh, deh!

source: http://www.bbc.com/earth/story/20150817-earths-most-poisonous-plants


 

baca juga

Buah Asparagus

Mungkin kita sering mengkonsumsi asparagus sebagai menu sayuran. Namun ketahuilah bahwa tumbuhan asparagus juga memiliki buah yang beracun. Buah yang nampak seperti berry kecil berwarna merah ini dapat menyebabkan sakit perut dan muntah kalau dikonsumsi. Siapa sangka, tanaman yang satu ini dapat memiliki bagian tunas yang bermanfaat sekaligus bagian buah yang beracun?

source: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Asparagus_officinalis,_fruit.jpg