Penyebab Bau Mulut

Salah satu penyebab dari timbulnya bau mulut adalah bakteri yang hidup di gigi dan gusi kita. Bakteri hidup dan berkembang biak di sela-sela gigi, memakan sisa makanan yang menempel di gigi. Senyawa sulfur yang dihasilkan bakteri terbawa oleh udara yang keluar dari mulut kita saat sedang berbicara & menimbulkan bau mulut. 

Berikut ini adalah 5 bahan alami untuk membasmi bakteri penyebab bau mulut. Selain bahan alami penghilang bau mulut di bawah ini, disarankan agar selalu menjaga kebersihan gigi dengan menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari & membersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus gigi (dental floss).

source: http://www.nurulsefty.com/2014/03/penyebab-dan-cara-mengatasi-bau-mulut.html

Buah Stroberi untuk Menghilangkan Bau Mulut & Memutihkan Gigi

Kandungan vitamin C pada buah stroberi bermanfaat untuk membasmi bakteri & mencegah bakteri di dalam mulut berkembang biak. Rasa buah yang masam mampu menstimulasi produksi lebih banyak saliva (air liur), saliva bermanfaat untuk membunuh kuman yang ada di dalam mulut kita.

Selain membasmi kuman, stroberi memiliki manfaat lain yaitu untuk memutihkan gigi, kandungan acid-nya dapat memecah warna kekuningan pada gigi sehingga sedikit-demi sedikit warna gigi akan menjadi putih.
 

source: https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/strawberries.html

Buah Apel Baik untuk Menangkal Bau Mulut

Tekstur daging apel yang berserat dapat membersihkan plak yang menempel pada gigi, konsumsi apel dengan cara dikunyah (tidak dijadikan jus). Kandungan air pada apel dapat menstimulasi air liur untuk keluar lebih banyak daripada biasanya. Saliva memiliki zat yang bekerja membasmi kuman sehingga bau mulut akan hilang.

Mengonsumsi apel setiap hari selain baik untuk kesehatan juga membantu membersihkan plak yang menempel pada gigi & mengusir bau mulut. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu minimal 6 bulan sekali ke dokter gigi untuk hasil yang lebih maksimal.

source: http://www.sehatcenter.com/inilah-19-manfaat-buah-apel-bagi-kesehatan-rambut-dan-kulit/

Minum Teh Tanpa Gula

Bila kamu punya masalah bau mulut, minumlah teh merah atau teh hijau tanpa gula untuk mengusir bau mulut. Teh mengandung antioksidan alami yaitu polifenol yang bisa membasmi & menghambat pertumbuhan bakteri pada sela-sela gigi & rongga mulut.

Mencampurkan gula ke dalam teh akan meninggalkan bekas larutan gula pada gigi & bakteri akan berkembang biak lebih cepat. Minumlah secangkir hangat teh tanpa gula pada pagi atau sore hari dan rasakan manfaatnya! 

source: http://www.griyawisata.com/tourism-object/natural-a-cultural-conservation/artikel/khasiat-teh-merah-yang-baik-untuk-kesehatan

Kayu Manis Dapat Mengatasi Masalah Bau Mulut

Tidak hanya sekedar menutupi bau mulut seperti permen mint, bahan antibakteri yang terkandung pada kayu manis terbukti dapat menghilangkan bau mulut.

Campurkan 1 sendok teh kayu manis ke dalam secangkir air hangat, minumlah selagi masih hangat. Minum secangkir larutan hangat kayu manis setiap pagi untuk mengusir bau mulut.
source: https://kedokteranherbal.wordpress.com/2010/06/26/kayu-manis-cinnamomum-zeylanicum-c-verum/

Madu Dapat Membunuh Bakteri Penyebab Bau Mulut

Madu merupakan antibakteri yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Pada pagi hari, siapkan satu cangkir air hangat & 2 sendok makan madu, aduk hingga rata dan usahakan agar larutan madu mengenai seluruh bagian mulut kamu. 

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu dapat mencampurkan madu dan kayu manis ke dalam larutan air hangat. Perpaduan dari kayu manis & madu dapat membasmi kuman penyebab bau mulut lebih cepat dan kuat.

source: http://infoherbalis.com/2015/11/ramuan-herbal-madu-dan-kayu-manis-atasi-bau-mulut-tak-perlu-obat-kumur-lagi.html