Eksfoliasi untuk Wajah Sensitif

Kulit sensitif tidak perlu sering-sering mengeksfoliasi wajah dan memerlukan eksfoliator yang lembut di wajah. Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Satu sendok makan brown sugar
  • Satu sendok teh olive oil (pilih extra virgin karena olive oil yang diproses dapat membuat kulit kamu iritasi)
Brown sugar dapat membersihkan kulit dari sel-sel kulit mati dan cenderung lebih halus di kulit. Namun, walaupun brown sugar termasuk gentle kamu pemilik kulit sensitif tetap harus berhati-hati. Sedangkan extra virgin olive oil akan membantu memberikan kelembapan tanpa menyumbat pori-pori. Berikut ini tahap-tahap membuatnya:
  1. Campurkan brown sugar dengan olive oil di sebuah mangkuk. Pastikan olive oil tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Jika terlalu sedikit akan membuat scrub terlalu kasar.
  2. Aduk hingga merata menggunakan sendok atau garpu.
  3. Gunakan jari untuk menerapkan scrub dengan perlahan, hati-hati jangan terlalu keras mengeksfoliasi.
source: https://dermagirl.in/tag/dry-skin/

Cleanser untuk Wajah Sensitif

Untuk cleanser, kamu tidak perlu menggunakan banyak bahan untuk wajah sensitif. Salah satu cleanser alami yang bisa kamu manfaatkan adalah madu. Madu tentunya lebih ramah di kulit daripada sabun sekaligus dapat memberikan nutrisi pada kulit serta memberikan kelembapan.

Tentunya ini mudah karena kamu tidak perlu mencampurkannya dengan bahan lain. Gunakan tidak lebih dari satu sendok madu ke seluruh wajah. Kamu bisa langsung membilasnya atau mendiamkan madu tersebut selama lima sampai sepuluh menit untuk deep cleansing ataupun sekaligus membuatnya sebagai masker.

source: http://thuocchuahoinach.com/thoi-bay-mui-hoi-mieng-kho-chiu-voi-mat-ong/

Toner untuk Wajah Sensitif

Produk toner di pasaran biasanya mengandung bahan-bahan yang bisa membuat wajah menjadi kering, seperti alkohol. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan air mawar atau rose water. Rose water adalah toner yang gentle untuk semua jenis kulit. Manfaat air mawar untuk wajah, yaitu menjaga keseimbangan pH kulit serta dapat melembapkan wajah sekaligus membuatnya halus. Bukan hanya itu, air mawar juga akan membantu kamu memerangi jerawat dan eczema. Kamu bisa menggunakan air mawar yang sudah didinginkan menggunakan kapas ke seluruh wajah setelah mencuci muka.

source: http://www.noobcook.com/rosewater-toner/

Moisturizer untuk Wajah Sensitif

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat moisturizer untuk wajah sensitif, yaitu:

  • Lidah buaya
  • Extra virgin coconut oil
Kedua bahan tersebut baik untuk wajah serta dapat mengatasi masalah kulit, seperti eczema. Lidah buaya memberikan kelembapan dan menenangkan kulit yang sensitif. Begitu juga coconut oil yang merupakan moisturizer sekaligus antijamur dan antibakteri. Cara membuat moisturizer ialah sebagai berikut:
  1. Ambil daging lidah buaya, sebelum itu pastikan kamu telah mencuci lidah buaya tersebut sampai bersih.
  2. Blender daging lidah buaya tersebut.
  3. Campurkan lidah buaya yang sudah halus tersebut dengan extra virgin coconut oil.
  4. Aduk merata.
source: http://www.diyhealthremedy.com/6-ways-to-use-coconut-oil-for-eczema-relief/