1. Kuku Menguning

Kuku tampak kuning bisa terjadi karena kuku kekurangan oksigen. Biasanya hal terjadi pada wanita yang senang menggunakan cat kuku terutama untuk warna merah tua, burgundy, hitam, maupun cokelat. Penggunaan cat kuku secara berlebihan bisa membuat kuku menguning dan akan semakin parah bila cat kuku tidak dihapus selama lebih dari 10 hari. 
 

source: http://www.bintang.com/sex-health/read/2284903/hilangkan-noda-kuning-pada-kuku-dengan-5-bahan-ini

Solusi:
Kuku menguning memang bersifat sementara, namun bila tidak segera diatasi dapat mengganggu penampilan. Sebaiknya hindari pemakaian cat kuku hingga kuku kembali pulih. Bila ingin menggunakan cat kuku gunakan base coat terlebih dahulu. Selain itu, hindari penggunaan cat kuku yang mengandung formaldehyde dan toluene. Saat memakai cat kuku sebaiknya tidak lebih dari 10 hari agar kuku bisa bernapas. 

2. Kuku Mudah Patah

Kuku mudah rapuh bisa terjadi pada kuku yang tebal maupun tipis. Bahkan hanya dengan sedikit tekanan kuku akan mudah rapuh dan patah.
 

source: http://health.liputan6.com/read/2512865/kuku-mudah-patah-tanda-kesehatan-tubuh-buruk

Solusi:
Kamu bisa mongonsumsi vitamin dan kalsium untuk memperkuat kuku. Selain itu, bisa menggunakan bawang putih sebagai treatment. Caranya, oleskan irisan bawang putih pada kuku tangan maupun kaki. Kemudian diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air bersih. Bisa juga dengan mencampurkan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan base coat. Kemudian aplikasikan pada kuku tangan dan kaki. 

3. Kutikula Keras

Kutikula biasanya berwarna putih yang mengeras dan terletak di pinggir kuku. Masalah ini bisa terjadi karena kurangnya konsumsi air putih dan seringnya kontak dengan detergen atau sabun saat mencuci.
 

source: http://www.merdeka.com/gaya/3-cara-mudah-merawat-kutikula.html

Solusi:
Bila masalah ini terjadi sebaiknya lakukan manicure dan pedicure di salon. Atau bisa juga dilakukan sendiri menggunakan gunting kutikula. 

4. Kuku Tumbuh ke Dalam (Ingrown Nail)

Memiliki bentuk kuku melengkung memang rentan terhadap kuku yang tumbuh ke dalam. Masalah ini bisa terjadi karena cara menggunting kuku yang salah sehingga pertumbuhan kuku tidak tepat dan menimbulkan rasa nyeri. Kuku tumbuh ke dalam seringkali terjadi di bagian ibu jari.
 

source: https://www.deherba.com/kuku-jari-kaki-tumbuh-ke-dalam.html

Solusi:
Masalah ini memang tidak bisa dilakukan sendiri. Dibutuhkan pengguntingan yang harus dilakukan oleh terapis salon kuku khusus yang menangani ingrown nail. Segera lakukan tindakan khusus bila masalah ini terjadi karena bila berlangsung terus-menerus kuku akan bernanah dan membengkak sehingga harus segara dibawa ke dokter.