Saat berada di dalam ruangan kamu juga dianjurkan menggunakan sunblock karena sinar matahari juga mampu menembus kaca jendela. Termasuk saat berada di dataran tinggi sekalipun untuk tetap membawa sunblock. Sinar matahari mampu menembus perairan laut hingga kedalaman laut 200 meter (zona fotik). Untuk itu saat berenang kamu juga harus tetap menggunakan tabir surya. Pilih saja sunblock yang waterproof agar tahan digunakan saat berenang. Berikut beberapa masalah kulit yang bisa terjadi. 

1. Permukaan Kulit Kasar

Saat sinar matahari menembus jaringan kulit akan merusak sel-sel kolagen serta dapat membuat kulit kehilangan kelembapannya. Tak heran terkadang permukaan kulit tampak kering dan kasar saat disentuh. Bila tidak segera diatasi tentunya membutuhkan waktu lama untuk memperbaiki kondisi kulit. 
 

source: http://obatgatalselangkangan76.blogspot.co.id/2015/11/cara-menghilangkan-flek-hitam-pada-wajah.html

2. Munculnya Flek Hitam

Munculnya noda hitam bisa terjadi karena paparan sinar UV A dan UV B secara terus-menerus tanpa perlindungan. Dalam kondisi ini sel-sel melanosit akan memproduksi melanin yang merupakan pigmen penghasil flek pada kulit. Bila tidak segera diatasi dapat menyebabkan kulit seperti terbakar dan timbul flek hitam. Kamu pasti tidak ingin noda hitam terlihat dan mengganggu penampilan, bukan?
 

source: https://reqomen.com/2016/03/03/penyebab-flex-hitam-cara-menghilangkan/

3. Penuaan Dini

Ketika kolagen rusak, kulit kehilangan kelembapannya sehingga muncul garis-garis halus atau kulit tampak keriput. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa sekitar 75-80 persen penuaan dini diakibatkan oleh efek sinar matahari. Jadi keriput bukan hanya terjadi karena faktor usia saja, lho. 
 

Seorang dermatologis dari Lenox Hill Hospital kota New York, Dr. Dorris Day mengungkap bahwa pemakaian sunscreen secara rutin sangat bagus untuk melawan penuaan dini. Sebab, kulit yang terpapar sinar matahari terus-menerus tanpa sunscreen akan dengan mudah mengundang garis halus yang mengakibatkan pengeriputan.
source: http://www.sociolla.com/journal/pretty-parade/pakai-sunscreen-tiap-hari-berbahayakah

4. Kulit Terbakar

Banyak wanita seringkali mengabaikan pemakaian sunblock. Hati-hati kulit kemerahan setelah seharian berada di bawah terik matahari bisa menjadi pertanda bahwa kulitmu terbakar. Bila ingin berada di luar ruangan dalam waktu lama sebaiknya oleskan kembali sunblock setelah 2 jam. 
source: http://www.tips-cewek.com/326/cara-menghilangkan-kulit-belang-terkena-sinar-matahari.html

5. Komedo

Tahukah kamu bahwa komedo juga bisa menjadi salah satu akibat dari efek buruk sinar matahari? Terutama di area hidung dan dahi yang menjadi tempat munculnya komedo. Pemakaian tabir surya juga lebih diutamakan pada area tersebut karena lebih mudah terkena sinar matahari secara langsung. 
 

source: http://manfaatnyasehat.com/cara-menghilangkan-komedo/