Pengertian Contouring

Contouring merupakan salah satu teknik merias wajah dengan menonjolkan struktur tulang pipi, dahi, dan batang hidung agar terlihat lebih proposional. Untuk melakukannya, kamu hanyak memerlukan foundation dengan shade yang lebih gelap dari kulitmu atau bisa juga menggunakan concealer serta bronzer.
 

Teknik Contouring Unik

Proses permak wajah untuk jadi mulus dan cantik memang tidak mudah. Ada beragam pilihan warna makeup untuk membuat perempuan terlihat lebih cantik. Namun, yang berbeda dari makeup bukan hanya ragam dan variasinya, tapi juga cara aplikasinya. Setiap orang punya cara aplikasi makeup yang berbeda-beda. Tentunya tidak ada yang salah atau benar, asalkan hasil akhirnya tetap membuat wajah terlihat cantik sempurna.

Untuk teknik contouring sendiri ada bermacam-macam dan tentu saja tampilan yang dihasilkan juga beragam. Berikut ini contoh 3 teknik contouring yang bisa kamu coba.
 

1. Clown Contouring

Teknik contouring ala badut? Pasti kamu berpikir teknik yang satu ini terlihat lucu dengan warna wajah yang super cerah dengan warna putih. Jangan salah dulu. Teknik ini dipopulerkan oleh seorang vlogger kecantikan Bella de Lune.

Pada dasarnya, teknik ini memang dilakukan dengan menggunakan blush-on, highlighter, dan concealer sehingga warna kulit wajah yang dihasilkan akan terlihat seperti badut. Namun, masih ada tahap lanjutannya lagi yaitu membaurkan semua coretan pada wajah. Langkah ini dilakukan Bella untuk meratakan warna kulit wajahnya sehingga kontur wajah yang dihasilkan terlihat lebih natural.
 

source: http://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/news/a42817/clown-contouring-for-sculpted-cheeks/

Penasaran dan ingin mencobanya? Langsung saja lihat video tutorialnya berikut. Video yang dibuatnya ini sudah ditonton lebih dari 5 juta orang, lho! Kamu juga bisa mem-follow Instagram-nya di sini.

youtube:yw7mysen4T0
source: https://www.youtube.com/watch?v=yw7mysen4T0
Clown Color Correct Highlight & Contour

2. Contouring Kaus Kaki

Setelah mencoba bereksperimen dengan teknik contouring ala badut, kini saatnya mencoba teknik yang lain. Teknik ini tidak kalah unik. Bedanya, yaitu pada media pengaplikasiannya. Jika biasanya produk makeup diaplikasikan dengan menggunakan brush, spons, atau tangan, kini kamu bisa mencoba dengan kaus kaki. Terdengar aneh?
 

source: http://wolipop.detik.com/read/2016/05/18/121505/3213171/234/cara-unik-pulaskan-alas-bedak-hingga-contouring-pakai-kaus-kaki

Teknik ini dipopulerkan oleh Mayra Touch of Glam, seorang vlogger kecantikan Youtube. Menurutnya, tekstur kaus kaki yang yang terbuat dari kain katun bisa membantunya dalam pengaplikasian foundation untuk teknik contouring. Tektstur kain katun yang lembut bisa dijadikan sebagai pengganti spons makeup. Pastikan kaus kaki yang kamu gunakan bersih dan bebas dari bakteri, ya!
 
Penasaran dan ingin mencoba? Lihat saja videonya di bawah ini.

 
 

youtube:29J5JPZJnWs
source: https://www.youtube.com/watch?v=29J5JPZJnWs
BEAUTY HACK: Applying Makeup With a SOCK!

3. Extreme Colour Contouring

Seperti teknik contouring ala badut sebelumnya, extreme colour contouring kali ini akan mengambil tutorial yang di-upload oleh Bella de Lune. Tingkatan warna yang digunakan pada teknik ini dibagi menjadi beberapa bagian dalam diagram lingkaran. Tingkatan warna tersebut ada 3, yaitu: primer, sekunder dan tersier. Jadi, sesuaikan dengan kulitmu, ya.

source: https://www.youtube.com/watch?v=AYO0B13aXuU

Bagi kamu yang memiliki dahi lebar seperti Bella, bisa mencoba menggunakan teknik ini agar wajah lebih balanced antara dagu dan dahi. Perlu diketahui bahwa hasil yang didapatkan dari contouring ini akan membuat wajahmu terlihat jauh lebih bright daripada teknik clown contouring, ya.
 
Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton video di bawah ini.

youtube:AYO0B13aXuU
source: https://www.youtube.com/watch?v=AYO0B13aXuU
Xtreme Color Correct | Highlight & Contour

Recommended Products

Untuk melakukan teknik contouring di atas, kamu juga bisa mencoba beberapa produk yang telah direkomendasikan oleh beauty blogger Stella Lee berikut ini. Kamu juga bisa mengunjungi Instagram beuaty blogger cantik ini di sini.
 

1. The Balm Bahama Mama, Rp360.000 via Sephora Indonesia.
source: http://www.sephora.co.id/products/the-balm-mama-series-bahama-mama

Untuk soft look lebih suka The Balm Bahama Mama.
- Stella Lee
 

2. Anastasya Beverly Hills Contour Kit, Rp900.000 via Lazada Indonesia
source: http://www.lazada.co.id/anastasia-beverly-hills/

ABH banyak dipakai oleh beauty Guru, aku sih suka.
 - Stella Lee
 

3. Make Up Forever Sclupting Kit Face Contour Kit, Rp680.000 via Pusat Kosmetik

source: http://www.pusatkosmetik.com/make-up-for-ever/sculpting-kit-face-contour-kit-ever011097.html

MUFE bagus juga jadi aku rekomend buat kalian yang suka contouring wajah.
- Stella Lee.

4. LA Pro Cosmetic Concelar, Rp73.500 via Lazada Indonesia
source: http://www.lazada.co.id/la-girl-pro-conceal-hd-concealer-100-original-toffee-2066917.html

Untuk alternatif murah, bisa coba LA PRO, kalian bisa dapatkan dengan harga yang murah dan hasil yang gak kalah bagus .
- Stella Lee