Kenali Jenis Kulit Kamu

source: https://id.pinterest.com/ackblonde/ayurveda/

Menurut ayurvedic kuno jenis kulit manusia terbagi menjadi 3 jenis yaitu : Vata skin, Pitta skin, dan Kapha skin. Karena dengan mengetahui jenis kulit kamu, hal ini akan sangat membantu dalam menentukan perawatan mana yang akan cocok dengan tipe kulit kamu.
 

Jenis Kulit Vata

VATA: Mempunyai unsur angin dan angkasa/langit. Orang yang memiliki karakter tubuh Vata mempunyai metabolism tinggi, aktif, sangat enerjik dan biasanya cenderung mempunyai postur kecil, dengan otot yang kecil juga, berkulit kering, kulit kepala cencerung mudah berketombe, dan terkadang pembuluh darahnya nampak. Mempunyai pola tidur, makan, dan kebiasaan yang tidak mengikuti jadwal teratur. Tidak menyukai udara dingin, banyak angin, dan kering. Mudah merasa kedinginan dan mudah gemetar. Kaki dan tangan mudah dingin. Bicara cepat dan cenderung cerewet. Pola tidur mudah terganggu dan mudah diserang insomnia. Sering mengalami gangguan otot nyeri, radang sendi, sakit kepala, konstipasi, demam sambil mengigau, dan juga mempunyai kecenderungan mengalami gangguan cardio. Biasanya tipe Vata cepat menyerap informasi dan juga cepat melupakannya. Tipe ini mudah stress dan terkadang kurang pede. Akan tetapi tipe Vata cenderung kreatif dan inovatif, dengan kepekaan yang tinggi.
source: http://www.pembelajar.com/kenalilah-karakter-tubuh-anda-mengenal-ayurveda-bagian-kedua

Tipe kulit Vata terbilang kering dan tipis, sehingga lebih mudah terkena penuaan dini.

Jenis Kulit Pitta

PITTA: Mempunyai unsur api. Orang yang mempunyai karakter Pitta postur tubuh sedang dan mempunyai otot yang lebih besar daripada tipe Vata. Kulit lembut dan cenderung berminyak, sehingga mudah berjerawat, serta hangat. Mudah berkeringat, rambut lebih cepat memutih, dan ada sebagian yang cenderung botak. Tipe Pitta tidak menyukai udara yang panas, sinar matahari, dan daya penglihatan sensitive (terutama terhadap sinar terang). Pola makan kuat dan tidur cukup dan tidak mudah terganggu. Sifat: cenderung ekstrovert, berbicara dengan suara keras dan cenderung mendominasi percakapan. Menyukai olahraga dan permainan. Mempunyai kecerdasan yang tinggi, dan suka berdebat. Tipe Pitta mudah kerserang masalah pencernaan, dan masalah di usus (usus kecil, usus besar), kebotakan, infeksi saluran kencing, sariawan, dan terlalu banyak keringat.
source: http://www.pembelajar.com/kenalilah-karakter-tubuh-anda-mengenal-ayurveda-bagian-kedua

Jenis kulit Pitta yang lembut sangat sensitif mudah berminyak, mudah kering dan mudah berjerawat.

Jenis Kulit Kapha

Mempunyai unsur tanah dan air. Orang dengan karakter kapha cenderung mempunyai metabolism tubuh yang lamban. Postur cenderung besar dan mudah menambah berat badan walau makan hanya sedikit. Tipe Kapha biasanya memiliki kulit yang lebih tebal dengan sedikit kerutan dan otot yang lebih padat. Tipe Kapha mudah tidur nyenyak bahkan kadang berlebihan, tidak menyukai kelembaban, nafsu makan tidak tinggi akan tetapi mudah gemuk. Karena metabolism lamban, maka tipe Kapha kurang menyukai banyak olah raga dan gerak, serta mudah kecapaian. Tipe ini mempunyai pembawaan yang tenang, memori yang tajam dan kuat, tidak emosional, serta pandai menyesuaikan diri dengan lingkungan. Tipe Kapha mudah terserang penyakit saluran pernafasan (sinus, batuk, pilek, asma), banyak lendir, obesitas, metabolisme lamban/merasa malas, tidur terlalu banyak, mudah lelah dan badan terasa berat, serta gangguan pencernaan.
source: http://www.pembelajar.com/kenalilah-karakter-tubuh-anda-mengenal-ayurveda-bagian-kedua

Sedangkan jenis Kapha terbilang berminyak dengan pori-pori cenderung besar, sehingga bisa dibilang jenis kulit Kapha mudah berkomedo, berjerawat, dan kusam.

Sesuaikan Perawatan Kulit

source: http://www.joyfulbelly.com/Ayurveda/article/dosha/1

Setelah kamu mengetahui jenis kulit, kamu dapat menyesuaikan perawatan kulit yang tepat. Seperti tipe kulit Vata, tipe kulit ini membutuhkan banyak kelembaban dan menjaga agar kulit tidak semakin kering, disarankan untuk rutin mengkonsumsi air minimal 1 liter perhari, mengatur konsumsi nutrisi, dan rutin menggunakan pelembab. Sedangkan tipe kulit Pitta maka kamu harus lebih berhati-hati merawat kulit dengan menjauhi sinar matahari secara langsung, makanan pedas dan bersantan, dan juga latihan fisik yang terlalu berat. Untuk jenis kulit kappa membersihkan secara menyeluruh hingga ke setiap sel kulit adalah kunci untuk membuat jenis kulit ini menjadi glowy.
 

Makanan Yang Tepat Untuk Kulit Kamu

source: http://cloudcomputingbuzznews.com/food-preferences-between-the-sexes-which-foods-are-more-popular-with-women-than-men/?clickid=0ea5a74ab

Ayuveda bukan hanya terfokus pada perawatan kulit dari luar, tetapi perawatan dari dalam juga sangat diperhatikan. Dengan mengkonsumsi makanan segar dan sehat, hal ini akan memberikan nutrisi alami pada kulit dan akan mencerminkan kulit yang sehat ternutrisi. Untuk melakukan hal ini, kamu bisa mulai menjauhi makanan berpengawet dan makanan junk food lainnya. Dan rasakan perubahan yang berarti dengan berhenti mengkonsumsi makanan kaleng itu.
 

Jaga Kulit Tetap Terhidrasi Sepanjang Waktu

source: http://liccardoenterprises.tripod.com/lemobilemassage/home.html

Jaga kulit kamu agar tetap terhidrasi sepanjang waktu, bahkan jika perlu kamu bisa melakukan message seluruh tubuh dan wajah dengan menggunakan essensial oil  favorit kamu setiap hari. Dengan melakukan pemijatan dengan menggunakan minyak akan membuat kulit terhidrasi secara sempurna di tambah dengan pijatan yang tepat akan mampu melancarkan peredaran darah. Jika kamu rutin melakukan hal ini, bisa dipastikan dalam hitungan hari kulit kamu menjadi jauh lebih kenyal dan sehat.


Tunggu dulu, masih ada beberapa tips perawatan ala ayurvedic yang bisa kamu lakukan untuk ciptakan kulit sehat di lanjutan artikel ini, lho!