Aktif Bergerak

Tips pertama yang patut diingat adalah agar tetap aktif bergerak. Pilihlah kegiatan yang membuat tubuh tetap aktif bergerak. Misalnya, ikut tur keliling desa wisata, museum, atau kegiatan jalan-jalan lainnya. Tubuh yang aktif bergerak akan membuat sirkulasi darah lancar. Selain itu, enzim dan hormon akan teraktivasi optimal apabila tubuh kita aktif bergerak. Jika kita diam untuk waktu yang lama, pasti tubuh kita akan kesemutan.

Perhatikan Konsumsi Makanan dan Minuman

Kebersihan adalah syarat utama untuk konsumsi selama berlibur. Dengan menyantap makanan yang bersih dan bergizi, tubuh akan sehat, terhindar dari berbagai kemungkinan penyakit yang disebabkan oleh makanan kotor seperti diare dan cacingan. Hindari membeli makanan di sembarang tempat, pilih tempat makan yang diyakini kebersihannya.

Perbanyak Aktivitas Outdoor

Tips selanjutnya yaitu perbanyaklah aktivitas outdoor. Aktivitas outdoor ini akan membuat Minasan makin sehat, makin pagi, makin baik. Ketika terkena sinar matahari pagi, kulit akan mendapat asupan vitamin D yang cukup dan baik bagi kesehatan tentunya. Jangan melakukan kegiatan indoor terus saja. Sekali-sekali nikmatilah terpapar sinar matahari, tertiup angin dan lakukan kegiatan outdoor yang disuka. Udara pantai, hawa pegunungan, nikmatilah itu semua.

Buat Jadwal Seksama

Rencanakan liburan secara saksama. Buat jadwal acara sesuai kebutuhan keluarga. Jika berlibur bersama keluarga, mulai dari daftar tujuan wisata, akomodasi seperti hotel dan transportasi, hingga rencana cadangan jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Istirahat Cukup

Jika sudah cukup beraktivitas dan cukup makan sehat, tips berikutnya adalah istirahat yang cukup. Jangan terlalu memforsir diri untuk beraktivitas Tubuh juga perlu istirahat optimum agar tetap fit saat traveling. Tubuh setidaknya membutuhkan minimal 7 jam untuk istirahat. Tidurlah tepat waktu, jangan terlalu malam, karena begadang juga tidak baik untuk kesehatan. Kesehatan itu mahal harganya, maka kita harus menjaganya baik-baik.