Dokumen, Dokumen, Dokumen

source: http://luar-negeri.kompasiana.com/2014/01/15/emang-ada-keluar-negeri-bebas-visa-628050.html
Sudah pasti barang yang satu ini harus disiapkan baik-baik sebelum melancong ke luar negeri. Cari informasi tentang persyaratan memasuki negara yang akan dikunjungi. Ada beberapa negara yang memberlakukan kebijakan bagi para pendatang untuk membawa paspor yang berlaku minimum 6 bulan sebelumexpired. Kalau Minasan tak hati-hati dan teliti, urusannya bisa berabe saat Minasan baru saja tiba di sana.
Setelah urusan paspor beres, jangan lupa juga untuk mengurus visa.Tapi kalau mau liburan ke negara-negara yang sudah masuk daftar negara bebas visa, Minasan tak perlu repot-repot lagi untuk mengurus dan membayar biaya administrasi untuk memasuki negara tersebut.

Vaksinisasi

source: http://www.klinikvaksinasi.com/vaksinasi-hpv-penyakit-hpv-sangat-berbahaya/
Ingat, kemana pun Minasan pergi, jangan pernah sepelekan soal kesehatan. Apalagi kalau mau ke luar negeri yang beberapa lokasi wisatanya merupakan tempat yang punya cuaca dan kondisi yang berbeda jauh dengan tempatmu. Penting buat Minasan untuk vaksin terlebih dahulu sebelum berangkat ke luar negeri. Vaksinasiitu bertujuan untuk mencegah Minasan terinfeksi dari penyakit dan virus berbahaya yang ada di negara tersebut.

Rencana Matang-Matang Soal Akomodasi

source: http://www.jalanjalansingapura.com/wp-content/uploads/2013/04/rivercityinndotcom5.jpg
Pastikan Minasan tidak luntang-lantung selama berada di negara orang. Minasan harus mempersiapkan baik-baik akomodasi yang sesuai dengan keinginan dan budget pastinya.Ada bermacam-macam akomodasi di setiap negara, mulai dari hotel, guest house, hostel, hingga apartment. Kalau mau akomodasi yang lebih terjangkau, Minasan bisa menginap di rumah orang. Informasi bisa dicari dicouchsurfing.

Atur Jadwal Selama di Sana

source: http://www.accu-chekdiabeteslink.com/building-your-diabetes-travel-plan.html
Agar wisata bisa terarah, susun daftar destinasi dan lakukan riset mengenai negara tujuan Minasan itu. Tujuannya apa? Tentu saja untuk memaksimalkan liburan. Sayang sekali jika sudah sampai di negara tujuan, Minasan hanya 杜endekam di penginapan atau hanya berjalan di sekitar penginapan karena tidak tahu mau kemana.

Pahami Transportasi di Negara Tersebut

source: http://www.wdwinfo.com/transportation/monorail.htm
Transportasi adalah salah satu hal terpenting selama liburan. Minasan harus tahu tentang trasportasi di negara tujuannya nanti. Jangan sampai dompet jebol cuma karena salah naik transportasi.

Pelajari Budaya dan Kebiasaan Setempat

source: http://erikatravelblog.blogspot.com/2013/02/arab-culture-night.html
Banyak adat istiadat lokal yang harus diperhatikan dan dipatuhi oleh para pendatang, terutama ke negara墨egara yang memiliki ideologi yang kuat. Misal, bila pergi ke negara Islam atau ke negara dengan penduduk mayoritas Muslim, jangan sampai memakai baju yang terbuka. Pakaian terbuka akan dianggap tidak sopan dan mengganggu masyarakat lokal.

Pelajari Juga Bahasanya

source: http://www.theguardian.com/education/mortarboard/2011/sep/23/adult-literacy-response
Tak ada salahnya mempelajari beberapa kata umum yang sering diucapkan sehari穆ehari. Kata yang patut dipelajari biasanya terkait dengan percakapan umum masyarakat lokal. Selain itu, yang juga penting, kata北ata terkait transaksi di tempat umum atau publik, seperti pasar, restoran, dan jalan. Beberapa kata yang penting dihapal dalam bahasa lokal antara lain selamat datang/pagi/siang/sore/malam, maaf, ya/tidak, permisi, serta angka dan mata uang lokal

Bawa Barang Sesuai Kebutuhan

source: http://www.smh.com.au/news/tips/pack-it-in/2007/11/09/1194329460110.html
Bawalah barang seperlunya saja. Jangan terlalu bawa banyak barang yang nantinya malah cuma bikin berat tas atau koper. Apa yang harus dibawa itu tergantung tujuan Minasan. Kalau memang rencananya mau main di pantai, ya bawa baju pantai atau baju berenang. Tapi kalau negara tujuan ada banyakpergantian musim, sesuaikan dengan kebutuhan, misalnya saja jaket untuk musim dingin. Dengan begini Minasan tidak akan salah kostum.