Penyebab Kulit Kusam

Kulit sehat dan bercahaya adalah dambaan setiap wanita, namun tak jarang kita mendapati kulit tampak kusam dan tidak sehat. Tahukah kamu apa penyebab kulit kusam?

  1. Sel kulit mati yang menumpuk. Kulit mengalami regenerasi setiap 28-30 hari. Pada usia 28 hari, sel kulit mulai kehilangan cairan hingga akhirnya mengering dan menjadi sel mati. Sel mati inilah yang menyebabkan kulit kita terlihat kusam.
  2. Paparan sinar matahari. Sinar matahari mengandung UV A dan UV B yang dapat membuat kulit kita menjadi kemerahan hingga menghitam. Apabila kulit terlalu lama terpapar sinar matahari tanpa perlindungan maka kulit akan terlihat hitam dan kusam.
  3. Polutan. Kandungan bahan kimia jahat pada udara bebas karena polutan dapat menutup pori kulit. Akibatnya, minyak menumpuk di pori kulit dan menyebabkan kulit kita terlihat penuh komedo dan kusam.
  4. Kurangnya cairan tubuh. Sel kulit mendapat asupan air dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Apabila tubuh tidak cukup mendapat asupan maka kulit juga akan mengalami kekurangan cairan hingga mengerut. Akibatnya kulit terlihat lelah dan kusam.
source: http://lifestyle.liputan6.com/read/2443057/9-faktor-penyebab-kulit-kusam
Setelah mengetahui penyebab kulit kusam tentu kita akan berusaha menghindari dan mengatasinya. Namun, bagaimana jika kita terlanjur memiliki kulit yang terlihat kusam? Blueberry adalah jawabannya. Bagaimana bisa? Simak ulasan berikut!

Kandungan Blueberry

Blueberry adalah salah satu buah asam yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C sangat baik jika digunakan sebagai pencerah kulit dan pembunuh bakteri penyebab jerawat di kulit. Selain mengandung vitamin C, blueberry juga mengandung asam salisilat yang dapat mengeksfoliasi kulit sehingga sel kulit mati dapat terangkat. Selain itu, asam salisilat juga sangat baik dalam membersihkan pori kulit dari kotoran serta mengontrol produksi minyak pada wajah.

source: http://www.medicalnewstoday.com/articles/287710.php

Nah, terjawab bukan kenapa blueberry dapat menolong kamu dari masalah kulit kusam? Sekarang, yuk simak cara membuat scrub alami dari buah blueberry untuk mencerahkan kulit!

Scrub Alami Blueberry

Bahan:

  1. Segenggam buah blueberry
  2. 2 sendok madu
  3. 1 sendok yogurt
  4. 1 sendok teh hijau jika ada
  5. 1 sendok gula murni jika ada
Cara membuat:
  1. Haluskan bluebbery dengan menumbuknya secara kasar atau di-blender dengan kecepatan rendah.
  2. Tambahkan teh hijau jika ada kemudian aduk hingga rata.
  3. Tambahkan madu, yogurt, dan gula kemudian aduk hingga merata. Simpan di lemari es minimal 30 menit untuk membiarkan formula tercampur rata.
source: http://www.youbeauty.com/beauty/honey-blueberry-face-scrub/

Cara menggunakan:

  1. Bersihkan wajah dengan mencucinya seperti biasa kemudian keringkan dengan handuk.
  2. Oleskan scrub blueberry ke wajah dengan gerakan memutar kecil sambil memijatnya.
  3. Gosok kulit wajah dengan scrub blueberry untuk mengangkat sel kulit mati.
  4. Bilas dengan air bersih dan keringkan wajah.