Selalu Cukur Rambut Ketiak

Banyaknya rambut di ketiak akan memicu bertambahnya bakteri penyebab bau badan. Rambut dapat menahan air sehingga menghambat proses penguapan air keringat. Bau tidak sedap akan terus terkumpul apalagi di area terhimpit seperti ketiak. Rajin-rajinlah mencukur rambut ketiak agar keringat dan bau badan tidak terjebak di sana.

source: http://www.tamayou.com/dare-to-bare-your-armpits-then-shave-it-the-right-way

Rutin Mengganti Sepatu

Ketiak memang dapat memunculkan bau tidak sedap, tapi sebenarnya bau yang paling tidak sedap itu datang dari kaki kita yang terus-terusan memakai sepatu yang sama dalam waktu lama. Kurangnya sirkulasi udara membuat bau tidak sedap terkumpul di dalam sepatu. Setidaknya kita harus memiliki 2 pasang sepatu agar dapat dipakai secara bergantian setiap hari. Biarkan sepatu bernafas untuk sementara waktu agar bakteri tidak cepat berkembang biak.

source: http://www.ladycarehealth.com/random-facts-about-pregnancy/

Gunakan Apple Cider Vinegar

Cuka apel dapat menurunkan pH level pada kulit kita sehingga bakteri dapat mati seketika. Bakteri tidak dapat hidup di tempat yang asam sehingga bau tidak sedap pun akan hilang. Aplikasikan cuka apel ke ketiak setelah mandi tapi tidak setelah mencukur karena akan menyebabkan iritasi kulit. Gunakan sedikit terlebih dahulu untuk melihat apakah ada efek samping yang timbul atau tidak.

Kita juga dapat menggunakan witch hazel dan tea tree oil yang merupakan antiseptik natural. Kedua bahan ini juga dapat menurunkan pH kulit sehingga dapat membunuh bakteri di ketiak. Gunakan keduanya layaknya seperti saat kita menggunakan deodoran. Untuk yang sering berkeringat banyak, gunakan 4x sehari setelah mengelap keringat.

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Beberapa makanan apalagi yang pedas memiliki kandungan yang dapat membuat kita berkeringat lebih banyak. Bawang-bawangan juga dapat membuat badan apalagi mulut kita bau. Daging juga dapat memicu bau badan. Hal ini dikarenakan pencernaan kita tidak mencerna total bawang dan cabe sehingga menyebabkan keringat dan bau muncul keluar dari pori-pori kulit.

Pakai Pakaian dengan Sirkulasi Udara yang Cukup

Benang non sintesis seperti linen, sutra, dan katun sangat baik untuk digunakan karena sifatnya yang breathable sehingga keringat dapat berkurang. Jenis benang ini juga menyerap keringat sehingga air dan bau tidak sedap tidak mengendap di tubuh kita. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu sempit juga karena baju sempit akan mengurangi sirkulasi udara.