Kandungan Semangka yang Baik untuk Kulit

Jika selama ini kamu beraktivitas di luar ruangan yang menjadikan kulit kamu terkena sinar matahari langsung, kamu bisa memanfaatkan kulit semangka untuk merawat kulit. Semangka yang kaya akan kandungan lycopene dapat melindungi kulit dari efek terbakar sinar matahari dan juga radikal bebas yang dapat merangsang penuaan dini.

Semangka mengandung sekitar 90% air yang dapat melembutkan dan menghidrasi kulit sehingga tetap tampak segar. Vitamin A dan C yang terkandung dalam semangka juga dapat mencegah kulit kusam dan kering sekaligus baik untuk perawatan kulit berminyak.  Untuk kamu yang memiliki wajah yang sensitif dan mudah berjerawat, kamu bisa mencoba masker dengan bahan kulit semangka untuk menetralisir kulit.

Masker Kulit Semangka & Lemon

Masker ini baik untuk kamu yang memiliki masalah dengan jerawat, kulit kusam, dan berminyak. Kandungan air dan vitamin dalam semangka dan lemon dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih sehingga mengurangi timbulnya jerawat dan juga dapat mencerahkan wajah karena sangat baik untuk meregenerasi sel-sel kulit mati.

Ambil bagian kulit semangka yang berwarna putih, potong kecil-kecil dan siapkan air perasan lemon secukupnya. Hancurkan kulit semangka, bisa diparut atau di-blender lalu masukan perasan air lemon yang sudah disiapkan. Gunakan campuran tersebut sebagai masker. Aplikasikan pada wajah dan biarkan 15-30 menit, lalu bilas dengan air dingin dan keringkan wajah dengan handuk lembut dan bersih atau tisu dengan cara ditepuk-tepuk.

Masker Semangka dengan Alpukat

Alpukat selain enak dibuat jus juga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Kamu bisa menggunakan campuran alpukat pada masker kulit semangka untuk mendapatkan kulit lembut, cerah, dan kencang. Antioksidan yang terkandung dalam buah alpukat dan semangka akan membantu mencegah penuaan dini sehingga kulit kamu terlihat lebih cerah dan kencang.

Siapkan alpukat secukupnya, ambil semangka dan potong-potong kecil lalu haluskan dengan blender atau diparut. Campurkan semangka dengan buah alpukat yang sudah dihaluskan. Aplikasikan pada wajah dengan merata biarkan sampai agak kering atau diamkan sekitar 20-30 menit lalu cuci bersih dengan air dingin. Keringkan wajah dengan tisu atau handuk bersih yang lembut.

Masker Semangka & Pisang untuk Mengusir Jerawat

Produksi minyak berlebih adalah salah satu faktor penyebab munculnya jerawat. Besarnya kandungan air dalam semangka bisa kamu manfaatkan dengan baik untuk merawat kulit berminyak. Sedangkan kandungan vitamin B6, B2, dan B12 pada pisang sangat baik untuk membantu mengurangi peradangan pada kulit. Masker kombinasi dari keduanya akan membantu mengusir dan mencegah timbulnya jerawat jika dilakukan dengan rutin dan telaten. 

Ambil buah pisang dan kulit putih semangka lalu potong kecil-kecil, haluskan dengan blender untuk mempermudah atau kamu bisa menggunakan parutan untuk menghancurkan keduanya. Setelah tercampur dengan baik, oleskan pada wajah secara merata terutama pada area wajah yang sering tumbuh jerawat dan juga komedo. Diamkan selama 15-30 menit atau sampai masker terasa cukup kering, lalu cuci bersih dengan air dingin dan keringkan dengan handuk yang lembut atau tisu.

Selain dibuat masker, semangka juga bisa kamu jadikan toner untuk membersihkan dan mencerahkan wajah. Kamu bisa menggunakan jus kulit semangka atau sari dari jus semangka yang dicampur dengan air mawar dan gunakan setiap satu kali sehari setelah mencuci muka.

Jika kulitnya digunakan sebagai masker, toner atau bahan untuk perawatan lainnya maka daging semangka bisa kamu konsumsi untuk membantu perawatan dari dalam. Selain untuk kecantikan, semangka juga bisa dikonsumsi untuk program diet.
Perawatan dengan menggunakan bahan alami memang membutuhkan waktu, tidak memberikan hasil yang instan. Namun jika kamu melakukannya dengan teratur dan telaten kamu pasti mendapatkan manfaat dari apa yang kamu lakukan.
Tertarik untuk mencoba?