Jogging

source: http://www.canadianpharmacymeds.com/blog/jogging-may-increase-life-expectancy/
Olahraga tentunya selalu menjadi solusi untuk kesehatan jasmani maupun rohani, termasuk solusi untuk mengatasi kecemasan. Para peneliti di Princeton menemukan bahwa otak tikus yang berolahraga memiliki respon yang berbeda terhadap kecemasan daripada otak tikus yang malas bergerak. Tidak hanya latihan merangsang pembentukan sel-sel otak baru, olahraga juga bisa sangat bermanfaat untuk melatih menenangkan jiwa.

Meditasi

source: http://duniafitnes.com/health/berpikir-lebih-cepat-dengan-meditasi-10-menit.html
Meditasi juga akan sangat berguna bagi kesehatan rohani dan tentunya mengatasi kecemasan. Para peneliti di Wake Forest menemukan bahwa kecemasan berkurang secara signifikan bagi seseorang yang melakukan meditasi selama 20 menti per hari. Minasan bisa bermeditasi sendiri atau menghadiri kelas meditasi. Jika ingin melakukannya sendiri maka sebaiknya Minasan melakukannya dengan jadwal rutin tiap harinya.

Menghirup Lavender

source: https://www.pinterest.com/pin/213287732324951018/
Saat Minasan stres dan cemas, gelombang otak akan bergerak dengan benar-benar cepat. Menghirup aroma lavender membantu memperlambat aktivitas otak gelombang cepat ini dan menggantikannya dengan aktivitas otak gelombang alpha lebih lambat. Ini akan membantu Minasan merasa santai dan tenang.

Konsumsi Kacang Kenari atau Dark Chocolate

source: http://www.marksdailyapple.com/the-5-best-dark-chocolate-bars-in-the-world/
Beberapa jenis kacang seperti almond, walnut (kenari) dan hazelnut mengandung asam lemak omega yang mampu menghilangkan mood negatif seperti rasa cemas dan marah. Untuk dark chocolate, makanan ini tak hanya baik untuk kesehatan tapi juga mengusir rasa cemas berlebihan karena mengandung zat anti oksidan. Dikutip dari Times of India, rahasianya ada pada theobromine dan phenylethyamine, zat yang bisa meningkatkan mood.

Minum Teh Chamomile Sebelum Tidur

source: http://www.rumahkopi.com/2013/10/penggunaan-dan-manfaat-teh-chamomile.html
Teh bunga chamomile terkenal dengan khasiatnya yang membuat tubuh lebih rileks. Sementara kecemasan biasanya dialami karena seseorang merasa terlalu tegang. Jadi nikmati teh bunga chamomile yang menenangkan agar tidur menjadi lebih nyenyak.

Sarapan Sehat

source: http://crunchfitness.ie/healthy-breakfast-recipes
Sarapan bukan berarti kegiatan yang perlu dihindari apalagi bagi mereka yang sedang diet. Sarapan itu penting dan sangat baik untuk kesehatan. Namun yang harus diingat, sarapan sehat ini lah yang menjanjikan kesehatan untuk Minasan selama beraktivitas. Sarapan sehat tentunya porsi yang cukup dengan asupan yang sehat. Di dalamnya terdapat karbohidrat, vitamin, mineral, protein. Agar lebih baik lagi, konsumsi sayur dan buah.

Berpikir Positif

source: http://taraburner.com/motivating-thoughts/steps-towards-positive-thinking.php
Berpikir positif sangat perlu dilakukan dan obat manjur untuk mengatasi kecemasan. Ambil sisi positif dari setiap apapun yang terjadi. Yakini bahwa setiap peristiwa sekecil apapun yang terjadi pada diri Minasan adalah atas kehendak Tuhan dan yang terbaik diberikan oleh Tuhan untuk kita. Semakin banyak kita ambil sisi positifnya, stres pun akan semakin cepat hilang dari hidup kita.