Sabun

Bahan yang harus kamu waspadai : triclosan and triclocarban.
 

source: http://www.alodokter.com/triclosan
Triclosan merupakan obat golongan antijamur dan antibakteri. Obat ini biasanya ditemukan pada produk-produk deterjen dan sabun mandi rumahan, serta pembersih alat-alat medis di rumah sakit. Triclosan kini juga digunakan pada produk kosmetik, pakaian, furnitur, peralatan masak, dan mainan untuk mencegah kontaminasi bakteri. Meskipun termasuk kelompok obat antibakteri, kemanjuran triclosan sebagai agen antimikroba masih tetap kontroversi. Di satu sisi, produk pasta gigi yang mengandung triclosan terbukti agak berhasil mencegah gingivitis, namun penambahan zat ini ke dalam sabun mandi tidak memberikan tambahan manfaat tambahan dibanding air dan sabun biasa. Oleh karena itu, triclosan mungkin bukan merupakan unsur penting pada sebagian besar produk pembersih tubuh.
source: http://www.alodokter.com/triclosan

Moisturizer dan Berbagai Produk Bibir

Bahan yang harus kamu waspadai : Retinyl palmitate, retinyl acetate, retinoic acid and retinol untuk pemakaian sehari-hari.
Yang paling mengkhawatirkan : Polymenthyl methacrylate.
Akibat : Untuk penggunaan jangka panjang kandungan kimia ini bisa menyebabkan alergi dan yang terparah dapat menyebabkan kanker.

source: http://www.aliexpress.com/w/wholesale-lipstick-color-names.html
Dalam lipstik juga terkadang memiliki kandungan retinyl palmitate. Kandungan zat kimia ini ternyata, selain dapat menyebabkan kanker, juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem reproduksi wanita. Maka dari itu, bagi anda para ibu hamil, cobalah untuk menggunakan liptik yang tidak memiliki kandungan retinyl palmitate, agar bisa tehindar dari gangguan reproduksi, yang mungkin dapat membahayakan janin anda.
source: http://www.aliexpress.com/w/wholesale-lipstick-color-names.html

 

Hand Sanitizer

Sebaiknya pilih bahan yang mengandung ethanol/ethyl alkohol batas toleransi 60% karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan sensitif.

source: http://www.greeners.co/gaya-hidup/hand-sanitizer-alami/
Ethanol & alkohol denat tidak menguntungkan untuk jenis kulit kering & sensitif karena bisa menyebabkan kulit semakin kering, terasa perih atau timbul iritasi. Namun keduanya bersifat sebagai astringent yang mengurangi kelebihan minyak & merapatkan pori-pori (pore tightener) sehingga sesuai untuk kulit berminyak.
source: http://www.greeners.co/gaya-hidup/hand-sanitizer-alami/


 

Sunscreen

Yang sebaiknya kamu hindari :

  • Kandungan SPF dibawah 50.
  • Retinyl palmitate
  • Aerosol spray
  • Oxybenzone
Yang paling mengkhawatirkan : Retinyl palmitate
Akibat dari penggunaan bahan-bahan kimia tersebut : Dapat menyebabkan alergi dan iritas, gangguan reproduksi, bahkan yang terparah dapat menyebabkan kanker.

Yang sebaiknya kamu pilih :
  • Zinc Oxide atau Titanium Dioxide batas maksimal 3%.
  • SPF 15 hingga 50
source: http://nutritiouslife.com/edible-sunscreen-you-need-to-know-about/
Retinyl palmitate adalah bentuk sintetis dari Vitamin A yang bisa jadi racun terutama untuk ibu hamil. Meskipun dikategorikan sebagai “Moderate Hazard” atau Bahaya Tingkat Menengah oleh The Cosmetics Database, kita tetap harus berhati-hati terhadap bahan ini, terutama ibu hamil. Sebab, rating menengah yang didapat bahan ini dikarenakan kurangnya bukti-bukti berbahayanya bahan ini yang diekspos ke publik. Tapi sudah ada beberapa laporan dan diduga mencakup masalah reproduksi hingga kanker.
source: http://nutritiouslife.com/edible-sunscreen-you-need-to-know-about/

Perawatan Rambut

Sebaiknya kamu menghindari pewarna rambut permanen, dan produk pelurus rambut berbahan kimia, dan produk-produk keratin. Untuk efek jangka panjang bahan-bahan kimia tersebut untuk pemakaian jangka panjang dapat menyebabkan kanker.

source: http://www.lemieux-design.net/shampoo.html
Hasilnya mungkin memuaskan, namun dua perusahaan produk kecantikan besar memberikan peringatan pada kemasan produk tersebut akan bahaya yang mengancam. Ya. Produk pelurusan rambut dengan keratin dapat menghasilkan gas berbahaya yang dapat menyebabkan kanker. Gas tersebut mengandung agen karsinogenik saat dicampurkan, oleh sebab itu mencampurkannya juga tidak boleh sembarangan.
source: http://www.lemieux-design.net/shampoo.html

Pasta Gigi

Bahan yang sebaiknya kamu hindari : Triclosan.
Bahaya jangka panjang : Menyebabkan plak dan risiko gingivitis (radang gusi), serta memengaruhi hormon.

source: http://gizmodo.com/what-the-heck-is-toothpaste-anyway-1615856473
"Triclosan menunjukkan indikasi gangguan endokrin (kelenjar atau organ yang memproduksi dan mengatur hormon dalam aliran darah)," kata Caren, seperti dikutip Menshealth, Senin (25/8/2014).
source: http://gizmodo.com/what-the-heck-is-toothpaste-anyway-1615856473

Perawatan Kuku

source: http://www.timepass360.com/how-to-make-your-manicure-last-longer/

Bahan yang sebaiknya kamu hindari : Formaldehyde atau formalin di dalam bahan kuteks, produk pengeras kuku ataupun produk perawatan kuku lainnya.
Toluene dan  Dibutyl phthalate (DBP) bahan kutek. Jika kamu dalam kondisi hamil, disarankan untuk tidak melakukan pewarnaan pada kuku karena dikhawatirkan akan menimbulkan efek berbahaya bagi janin.
 
 
Tunggu dulu, masih ada beberapa bahan berbahaya lainnya yang bisa kamu lihat di artikel berikut ini, lho!