Sediakan Peralatan

Untuk mewarnai rambut di rumah, jangan lupa sediakan peralatannya terlebih dahulu. Tutupi bajumu agar cat tidak menodai baju, sediakan tempat untuk cat rambut agar lebih mudah saat kamu mengaplikasikannya. Sediakan juga sarung tangan plastik agar cat tidak mengenai tangan.

Gunakan kuas untuk rambut ketika mewarnai, namun apabila kamu suka meratakan cat rambut dengan tangan, maka lakukanlah dengan cara tersebut. Namun pastikan kalau warna sudah merata pada semua bagian, ya.

Bagi Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Apabila rambutmu panjang, jepit menjadi 4-6 bagian agar bisa mewarnainya dengan lebih mudah dan merata. Pertama-tama, mulailah mengaplikasikannya pada bagian belakang rambut. Mewarnai rambut sendiri berisiko noda cat yang tidak sengaja menempel pada kulit.

Maka dari itu, sediakan kapas dan baby oil untuk menghapus cat pada kulit. Sediakan juga 2 kaca agar kamu bisa melihat bagian depan dan belakang rambutmu dengan mudah. Jangan sampai ada area yang tidak terkena cat rambut.

Gunakan Shower Cap

Apakah ini pertama kalinya kamu mewarnai rambut? Jika iya, maka gunakan shower cap ketika menunggu waktu untuk membilas rambut. Hal ini perlu dilakukan agar formula pada cat rambut lebih mudah bekerja dan mengeluarkan warna yang sesuai dengan keinginanmu. 

Cek Berapa Lama Waktu Sebelum Membilas Rambut

Ketika selesai mengaplikasikan cat rambut, mulailah menghitung waktu untuk mendiamkan rambutmu sebelum dibilas dengan air. Rata-rata kamu membutuhkan waktu 30-45 menit saja. Bagi kamu yang menginginkan warna terang, diamkanlah selama 30 menit (terutama jika kamu mengaplikasikan Fashion Color seperti warna ungu, merah, hijau, dan lain sebagainya). Semakin lama kamu mendiamkan rambutmu, maka hasil dari warna cat rambutmu pun akan semakin gelap. Maka dari itu, apabila kamu ingin warna yang terang atau cerah sebaiknya hanya diamkan sekitar 30 menit saja.

Gunakan Sampo dan Kondisioner Khusus

Setelah kamu selesai mewarnai rambut sendiri, kamu perlu melakukan perawatan agar warna bisa tetap tahan lama. Gunakanlah sampo dan kondisioner khusus untuk rambut berwarna. Sebaiknya jangan cuci rambut dengan air hangat, ya. Biasakan untuk mencuci rambut dengan air biasa atau air dingin agar warna tidak cepat luntur ataupun pudar. Beberapa cat rambut bisa langsung hilang lho jika dicuci menggunakan air hangat. Satu lagi, jangan lupa untuk membaca instruksi pada produk cat rambut yang kamu beli agar tidak salah ketika mengaplikasikannya.

Tidak terlalu sulit bukan untuk mewarnai rambut sendiri di rumah?