Mengenal Teh Hijau

Teh hijau adalah minuman herbal yang sangat populer untuk diet. Teh hijau terbuat dari tanaman teh yang telah dipetik dan dipanaskan sehingga terhindar dari proses oksidasi. Minuman teh hijau sangat terkenal di Tiongkok, Asia Tenggara, Hong Kong, Jepang, dan negara lainnya. Minuman ini semakin terkenal karena banyaknya peminat teh hijau untuk diet.

Teh hijau mengandung zat antioksidan yang disebut dengan katekin. Zat ini merupakan antioksidan yang baik, bersifat anti-bakteri dan juga penghambat pertumbuhan bakteri dan virus. Selain katekin, teh hijau juga mengandung beberapa vitamin, diantaranya adalah vitamin A, C, dan E. Meskipun dalam jumlah yang sedikit, asupan vitamin yang terdapat pada teh hijau bisa bermanfaat bagi tubuhmu.

source: http://health.liputan6.com/read/2468603/tak-selamanya-teh-hijau-baik-untuk-kesehatan

Minumlah Secangkir Teh Hijau pada Sore Hari

Bagi kebanyakan wanita, sore hari adalah waktu yang tepat untuk menikmati camilan. Namun, kebiasaan buruk ini harus segera kamu hentikan demi suksesnya program dietmu. Jika kamu sedang menjalankan program diet, sebaiknya ganti camilanmu dengan secangkir teh hijau hangat. Secangkir teh hijau hangat bisa menunda laparmu dan menghindarkanmu dari mengonsumsi camilan yang tinggi kalori.

source: http://healthyeating.sfgate.com/green-tea-weight-loss-5447.html#page1

Minumlah Teh Hijau Sebelum Makan Pagi dan Malam

Untuk menurunkan nafsu makanmu, kamu bisa meminum secangkir teh hijau hangat tanpa gula sebelum sarapan dan sebelum makan malam. Meminum teh hijau sebelum makan juga bisa membuatmu kenyang lebih lama. Namun, jangan lupakan asupan air putih, ya. Air putih tetap diperlukan oleh tubuhmu. Mengonsumsi teh hijau pada saat sebelum sarapan dan sebelum makan malam bisa membuat metabolisme tubuhmu lebih lancar.
source: http://id.wikihow.com/Meminum-Teh-untuk-Menurunkan-Berat-Badan

Aturan Mengonsumsi Teh Hijau untuk Diet

Meskipun teh hijau merupakan salah satu minuman herbal yang mujarab untuk menurunkan berat badan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Beberapa hal tersebut adalah:

  1. Jika kamu mempunyai gangguan lambung seperti penyakit maag atau kadar asam lambung yang terlalu tinggi, sebaiknya kamu menghindari teh hijau. Selain teh hijau, kamu juga harus menghindari minuman lain yang mengandung kafein, seperti teh hitam, kopi, dan cokelat. Kafein akan mengiritasi lambungmu.
  2. Jika kamu mempunyai riwayat tekanan darah rendah, anemia atau sedang haid, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi teh hijau dan jenis minuman lain yang mengandung kafein. Kafein bisa menurunkan tekanan darahmu dan menyerap zat besi dari tubuhmu.
  3. Konsumsi teh hijau dan minuman lain yang mengandung kafein secara berlebihan bisa memicu gangguan pencernaan, seperti diare dan sakit perut.
  4. Hati-hati jika kamu mempunyai riwayat penyakit jantung lemah. Kafein di dalam teh hijau bisa meningkatkan detak jantung sehingga kamu akan merasakan lelah yang berlebihan, berkeringat, dan berdebar-debar.
source: http://www.bintang.com/sex-health/read/2389588/waduh-teh-hijau-ternyata-berbahaya-untuk-ginjal-dan-wanita-hamil

Itulah beberapa tips mengonsumsi teh hijau untuk diet. Teh hijau bisa membantumu dalam menurunkan berat badan, namun jangan sampai mengonsumsi berlebihan dan selalu perhatikan hal-hal di atas sebelum mengonsumsinya.