Teh Hijau & Manfaatnya

Beberapa tahun silam, teh hijau mendadak populer di Indonesia. Rasa teh yang berbeda dari teh hitam & khasiatnya untuk kesehatan tubuh menjadi favorit masyarakat. Teh Hijau paling banyak dicari oleh wanita karena dapat membantu meluruhkan lemak di dalam tubuh.

Teh hijau yang dimaksud pada artikel ini adalah teh hijau yang benar-benar murni dari daun teh, dikonsumsi dengan cara diseduh dengan air panas, bukan olahan makanan yang berbahan green tea, karena bubuk green tea yang dipakai sebagai campuran makanan ataupun minuman sudah tercampur gula dan bahkan mungkin saja menggunakan pewarna dan pewangi buatan.

source: http://grosirgreenworld.com/manfaat-teh-hijau-untuk-usus-pencernaan/

1. Menangkal Radikal Bebas

Teh hijau mengandung polifenol katekin yang baik untuk menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh polusi maupun paparan sinar matahari. Walaupun berkhasiat menangkal radikal bebas, tentunya kita harus menjaga kondisi tubuh kita dan menghindarkan diri dari sinar matahari pada siang hari, tidak merokok, dan menggunakan masker saat melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor. 

source: http://www.alodokter.com/radikal-bebas-pemicu-penyakit-kronis

2. Teh Hijau Dapat Menumpas Jerawat

Teh hijau mengandung zat antiseptik (katekin) sehingga sangat baik untuk memerangi bakteri penyebab jerawat. Seduh teh & celupkan kapas kedalam larutan teh hijau lalu usapkan keseluruh wajah, dan jerawat pun akan berkurang sedikit demi sedikit.

Untuk menghindari jerawat kembali lagi, sebaiknya jaga kebersihan area muka dengan memakai masker untuk menangkal debu dan jangan lupa untuk cuci muka 2 kali dalam sehari untuk membersihkan kotoran yang menempel & membunuh kuman yang berkembang biak pada pori-pori wajah.
 

source: https://sabunthenaturalstory.wordpress.com/2012/09/12/cara-membuat-masker-green-tea-teh-hijau-untuk-jerawat/

3. Penghancur Lemak

Kandungan polifenol katekin pada teh hijau dapat mengurangi penyerapan lemak pada tubuh. Polifenol berperan juga untuk memaksimalkan pembakaran lemak di dalam tubuh.

Minum teh hijau sebelum berolahraga akan meningkatkan aktifitas pembakaran lemak.
Jangan hanya mengandalkan teh hijau untuk meluruhkan lemak, namun perbanyak olahraga ataupun aktivitas yang mengeluarkan keringat & membakar lemak.


 

source: http://www.cantikalamiku.com/cara-melangsingkan-tubuh-dengan-konsumsi-teh-hijau/

4. Menekan Risiko Terjadinya Kanker

Teh hijau mengandung antioksidan yang 100 kali lebih efektif dari vitamin C & 24 kali lebih kuat dari Vitamin E. Antioksidan yang terkandung dalam teh hijau dapat menekan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh kita.

Selalu terapkan gaya hidup sehat, hindari makanan berlemak dan berkadar gula dan soda tinggi, & rutin melakukan olahraga.

 

source: http://id-winherba.com/blog/tahukah-anda-apa-saja-cara-cara-yang-dapat-dilakukan-untuk-mencegah-terjadinya-kanker/

5. Teh Hijau Berkhasiat Memperkuat Tulang

Kandungan flouride pada teh hijau membantu menjaga kepadatan tulang. Minum teh hijau dalam batas wajar (maksimal 3 cangkir dalam sehari) akan menjaga kepadatan tulangmu.

Namun, mengonsumsi teh hijau dengan jumlah yang banyak (melebihi aturan) dalam sehari, akan berdampak buruk untuk tulang, karena teh hijau akan membawa serta kalsium tulang dan dibuang beserta urin.

source: http://www.ngikik.com/9-makanan-untuk-memperkuat-tulang-dan-mencegah-pengroposan.html

6. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Teh hijau dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga komposisi/kadar kolesterol baik pada tubuh kita. Konsumsi teh hijau, rajin berolahraga, makan secukupnya & terapkan pola makan sehat, maka kamu akan terbebas dari penyakit kolesterol, terutama orang dengan kelebihan berat badan.

source: http://penurunkolesterol.org/

7. Teh Hijau Dapat Mencegah Diabetes

Teh hijau mengandung zat yang dapat menetralisir kadar glukosa dalam darah kita dan meningkatkan kandungan insulin dalam tubuh kita. 

source: http://diabetesdenature.blogspot.co.id/2015/09/6-manfaat-teh-hijau-untuk-kesehatan.html