1. Terlalu Sering Keramas

Keramas memang bisa membersihkan kotoran pada rambut. Namun bila keramas dilakukan setiap hari justru membuat kulit kepala berminyak. Produksi minyak yang berlebihan akan menggantikan minyak alami yang hilang pada kulit kepala. Sebaiknya bersihkan rambut beberapa hari sekali untuk memperbaiki kondisi rambut. Kecuali memang rambut berada pada kondisi yang sangat kotor dan harus dicuci setiap hari. 

source: http://www.cantikalamiku.com/cara-mengatasi-rambut-berminyak-dan-rontok-secara-alami/

2. Sering Meluruskan Rambut

Suka menggunakan pelurus rambut hampir setiap hari? Hati-hati kondisi ini justru membuat rambut semakin berminyak. Paparan panas dari alat pelurus rambut pada kulit kepala menyebabkan kulit kepala mengeluarkan minyak yang berlebihan.
 

source: http://www.naviri.org/2016/07/tips-menggunakan-alat-pelurus-rambut.html

3. Salah Memakai Conditioner

Conditioner dapat memperbaiki bentuk rambut sehingga membuatnya lebih halus dan lembut. Namun bila penggunaannya tidak sesuai justru membuat rambut berminyak. Cara menggunakan conditioner yang tepat yaitu mulai dari bagian tengah sampai ujung rambut. Hindari menggunakan conditioner pada kulit kepala sehingga membuatnya mengeluarkan minyak berlebih. 

source: http://bjournal.co/beauty-habits-to-take-up-in-2016/

4. Air yang Digunakan Terlalu Panas

Kulit kepala akan mudah kering bila terkena air panas. Ketika kulit kering akan mudah sekali mengeluarkan minyak. Hindari air yang terlalu panas saat keramas. Sebaiknya gunakan air dingin agar rambut mudah berkilau dan kutikula rambut mudah tertutup.
 

source: http://doktersehat.com/keramas-dengan-air-dingin-ternyata-jauh-lebih-baik/

5. Produk Rambut yang Digunakan Terlalu Berat

Banyak produk yang beredar di pasaran seperti krim rambut maupun minyak rambut. Produk tersebut seringkali membuat rambut berminyak. Terutama untuk produk yang mengandung emolien atau minyak alami. Sebaiknya perhatikan kandungan yang terdapat pada produk rambut dan perhatikan juga hasil akhir setelah pemakaian. Hal ini untuk memastikan apakah produk yang digunakan sesuai pada rambut.