Perbedaan Antara Kulit Kering & Kulit Dehidrasi

Kulit kering termasuk salah satu jenis kulit yang biasa ditemui pada wanita. Selain kulit kering, jenis kulit dikelompokkan menjadi kulit berminyak, kulit normal, dan kulit kombinasi. Kulit kering merupakan satu jenis kulit yang menandakan bahwa kulit mengalami kekurangan produksi minyak, sehingga kulit tampak kering. Kulit kering sulit untuk diatasi karena berhubungan dengan faktor genetik, hormon, dan usia. Yang bisa kamu lakukan dalam merawat jenis kulit kering adalah memberikan pelembap dan perawatan yang tepat untuk kulitmu.

Berbeda dengan kulit kering, kulit dehidrasi adalah kulit yang kekurangan asupan air. Kulit dehidrasi adalah kulit yang kekurangan air, sedangkan kulit kering adalah kulit yang kekurangan minyak. Kulit dehidrasi merupakan satu kondisi pada kulit yang bersifat sementara, sehingga bisa kita atasi dan bisa kita cegah dengan langkah tertentu. Penyebab terjadinya kulit dehirasi bisa beragam, mulai dari kurangnya asupan cairan pada tubuhmu, penggunaan sabun berbahan keras pada wajahmu, dan faktor cuaca.

source: https://www.babatpost.com/2016/07/30/26443-4-pertanda-anda-kekurangan-cairan.html

1. Kulit Kering dan Pecah-Pecah

Kulit dehidrasi atau kulit yang kekurangan kandungan air akan rentan mengalami beragam masalah kulit. Salah satu masalah dari 4 masalah kulit wajah karena kulit dehidrasi adalah kulit kering dan pecah-pecah. Kulit yang kering dan pecah-pecah biasanya disebabkan karena terlalu lama terkena paparan udara dari AC, wajah terpapar air yang terlalu panas ketika mencuci wajah, berada pada cuaca dingin dan terlalu sering terkena paparan sabun wajah dengan bahan yang terlalu keras.

Untuk mengatasi kulit yang kering dan pecah-pecah akibat dehidrasi, kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, yaitu 8 gelas per hari. Selain itu, kamu bisa menggunakan pelembap wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu setiap hari sehabis mandi. Ketika kamu mandi, hindari menggunakan air yang terlalu panas. Untuk pencegahan dari dalam, hindari mengonsumsi minuman yang memiliki sifat diuretik atau yang merangsang kamu untuk mengeluarkan lebih banyak cairan dari tubuh, seperti kopi, teh dan cokelat.
source: http://www.seputarakudankamu.tk/2016/05/mitos-dan-fakta-minum-air-putih.html

2. Kulit Memerah

Kulit yang tidak terhidrasi dengan baik akan memerah. Kulit memerah karena dehidrasi bisa terjadi ketika kamu berada di bawah sinar matahari secara langsung dalam waktu yang cukup lama. Untuk mengatasi hal ini, beristirahatlah sejenak di bawah atap atau ruangan yang sejuk. Selain itu, tetap jaga asupan air putih pada tubuhmu. Sebelum beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya kamu mengaplikasikan sunblock khusus untuk wajah sekitar 15 menit sebelum kamu terkena matahari secara langsung.

source: http://lifestyle.liputan6.com/read/2249275/bagian-tubuh-ini-sering-kali-tidak-terlindungi-sunblock

3. Kulit Tidak Elastis

Kulit yang elastis adalah kulit yang lentur. Namun, kulit yang dehidrasi akan kehilangan elastisitasnya. Tanda kulit kehilangan elastisitasnya adalah kulit wajah terasa ketat dan seperti tertarik. Untuk salah satu dari 4 masalah kulit wajah karena kulit dehidrasi ini adalah dengan menggunakan produk kosmetik atau pembersih wajah yang aman dan bersahabat untuk kulit wajahmu. Hindari menggunakan produk kosmetik atau pembersih wajah dengan kandungan alkohol tinggi. Selain itu, menjaga asupan air putih pada tubuhmu dan memakan buah serta sayuran segar bisa membantumu dalam mengatasi masalah ini.

source: http://www.republika.co.id/berita/humaira/sana-sini/13/07/04/mpdsu4-tips-pilih-pembersih-wajah-yang-tepat

4. Kerut Halus

Kerutan halus pada wajah adalah salah satu hal yang ditakuti oleh kaum hawa. Namun, kulit berkerut bisa terjadi pada kulit wajah yang dehidrasi, lho. Kerut halus pada kulit yang dehidrasi bisa disebabkan karena penggunaan sabun pembersih yang berbahan keras, sehingga mengikis lapisan minyak pada wajah. Apabila lapisan minyak pada wajah terkikis, maka wajah rentan akan kerutan halus. Untuk mengatasinya, carilah pembersih wajah dan pelembap wajah yang sesuai untuk jenis kulitmu. Kamu bisa mengaplikasikan masker alpukat untuk menambah kelembapan kulit wajahmu.

source: http://nembino.blogspot.co.id/2014/04/masker-alpukat_18.html

Itulah tadi 4 masalah kulit wajah karena kulit dehidrasi. Jika kamu ingin terhindar dari kulit dehidrasi, jagalah asupan air putih pada tubuhmu dan gunakan produk kosmetk yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu.