Untuk memulihkan rambut yang rusak pasca pewarnaan, ada banyak produk yang bisa dengan mudah kamu temukan. Namun, untuk meminimalisir zat kimia lainnya pada rambut, kamu bisa mengikuti langkah berikut. Selain tidak mengandung zat kimia juga sekaligus menghemat kantong.

Nah, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membantu memulihkan rambut yang rusak pasca pewarnaan.

Cuci Rambut dengan Air Dingin & Gunakan Sampo Khusus

Ada yang suka keramas dengan air hangat? Biasanya air hangat membantu kamu untuk lebih rileks setelah seharian beraktivitas. Namun, untuk kamu yang memiliki rambut yang diwarnai sebaiknya gunakan air dingin ketika keramas. Selain air dingin ini membantu nutrisi dan vitamin yang ada di batang rambut dan kulit kepala dapat terserap dengan baik, juga tidak membuat warna rambut cepat pudar. 

Selain air dingin, gunakan juga sampo atau kondisioner yang memang dikhususkan untuk rambut yang diwarnai, karena biasanya jika menggunakan sampo biasa akan membuat warna rambut lebih cepat pudar.

Gunakan Vitamin setelah Keramas

Vitamin rambut tidak hanya dianjurkan untuk rambut diwarnai, rambut alami sekalipun sangat dianjurkan untuk menggunakanya. Nah untuk rambut yang diwarnai sebaiknya gunakan vitamin atau serum rambut khusus untuk rambut yang diwarnai agar nutrisi rambut tercukupi dan juga membantu membuat warna rambut bertahan lebih lama.

Kamu bisa mengaplikasikan vitamin sehabis keramas ketika rambut masih setengah kering agar vitamin lebih mudah terserap dengan baik. Biarkan hingga rambut kering kemudian baru disisir. Jangan biasakan menyisir rambut ketika basah, karena akan membuat rambut kering dan mudah rontok. 

Hindari Penggunaan Alat Styling Selama Proses Pemulihan

Rambut diwarnai biasanya memang lebih rentan, apalagi proses styling dengan menggunakan hairdryer, catokan, atau alat lainnya yang menghantarkan panas. Itu akan membantu rambutmu rusak parah. Tidak mau tampilan minus karena rambut yang rusak, bercabang, dan mudah patah, bukan?

Jika kamu memang sangat memerlukan styling dengan alat -alat tersebut, bisa meminimalisir efeknya dengan menggunakan serum khusus untuk menangkal panas pada rambut. Namun, meski bisa diminamilisir dengan penggunaan serum tersebut, tetap saja sangat dianjurkan untuk menghindari alat styling yang menghantarkan panas, ya.

Gunakan Masker Rambut

Kamu bisa menggunakan masker rambut yang banyak beredar dan bisa kamu dapatkan dengan mudah. Kamu bisa mencari masker rambut yang khusus untuk rambut diwarnai atau menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami seperti minyak zaitun, madu, alpukat, minyak kelapa, dan bahan lainnya yang memang dianjurkan untuk merawat rambut.
Minyak zaitun mengandung nutrisi yang bagus untuk rambut. Kamu bisa mengaplikasikan minyak zaitun dengan merata pada kulit kepala dan setiap helai rambut, lalu pijat secara perlahan agar minyak zaitun dapat meresap dan diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. Setalah itu cuci rambut dengan bersih. Gunakan dengan teratur dan dapatkan rambut lembut dan berkilau. Selain itu kamu dapat mencampur minyak zaitun dengan alpukat untuk dijadikan masker, karena keduanya mengandung vitamin E yang baik untuk menutrisi rambut yang rusak karena panas atau sinar matahari.

Perbanyak Minum Air Putih

Nah, selain melakukan perawatan dari luar, kamu bisa membantu membuat rambut tetap sehat dengan memperbanyak minum air putih. Selain baik untuk kesehatan, air putih ini dapat membantu meningkatakan vitalitas alami kulit dan akar rambut. Akar rambut adalah salah satu sarana untuk rambut dapat menyerap air. Kurangnya kelembapan pada rambut akan membuat rambut kering dan rapuh.

Selain rutin melakukan perawatan, disarankan jangan melakukan pewarnaan apalagi yang diawali dengan pemucatan warna rambut (bleaching) dalam waktu yang cukup dekat.

Mari kita jaga dan rawat tubuh kita dengan baik. Cantik itu perlu, tapi sehat itu lebih penting.