1. Kurang Tidur

Kurang tidur semalam terhubung dengan hormon ghrelin, yang bertanggung jawab terhadap rasa lapar. Lebih parahnya lagi, ketika kurang tidur, kita akan lebih menginginkan karbohidrat dan makanan berkalori tinggi, karena tubuh mencari cadangan energi. Ini alasan mengapa orang yang suka bergadang menghadapi resiko obesitas.

2. Sedang Mengalami PMS (Pre-Menstrual Syndrome)

Hal ini sering dialami Minasan, kan? Saat PMS, kita cenderung ingin makan terus-menerus. Hal ini terjadi karena produksi hormon progresteron meningkat, yang juga meningkatkan nafsu makan dan juga emosi.

3. Sebenarnya Hanya Haus

Rasa haus di tubuh dapat menipu kita menjadi rasa lapar, karena lidah menginginkan sesuatu untuk masuk ke dalam tubuh. Karena itu, saat merasa lapar, coba alihkan dengan meminum segelas air lalu tunggu beberapa menit.

4. Bosan

Kebanyakan dari hal yang kita lakukan dikontrol oleh dopamine, sebuah pesan kimia di otak yang terhubung dengan motivasi, stimulasi, dan penghargaan. Jadi ketika sedang merasa bosan dan tak ada hal menarik untuk dilakukan, otak mendorong dopamine untuk mencari hal yang baru, dan makanan jadi terlihat lebih menarik. Saat merasa lapar mendadak, coba lakukan hal yang menarik, seperti bermain game, mendengarkan musik dan sebagainya.

5. Stres

Dalam keadaan stres, jantung berdetak kencang, otot mengencang dan membuat kita jadi lebih waspada setiap waktu. Keadaan tersebut tentunya memicu tubuh untuk meminta diisi, sehingga otak mengaktifkan sistem otak yang meningkatkan rasa lapar, dan lebih parahnya membuat kita menginginkan makanan berlemak dan manis-manis.
Masih ada 4 penyebab lainnya mengapa kita merasa lapar terus menerus lho, Minasan.

Penyebab Lapar Terus
URL:   http://www.huffingtonpost.com/2013/11/11/surprising-hunger-causes-sneaky_n_4241299.html

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Selalu pilih makanan sehat untuk dikonsumsi sehingga tak meningkatkan berat badan saat terjadi situasi mendadak lapar. Siapkan cemilan buah, kacang-kacangan, dan kontrol rasa lapar dengan makan pelan-pelan atau alihkan perhatian.

Tips lainnya bisa dibaca di sini, Minasan.
URL:   http://www.hipwee.com/tips/buat-kamu-yang-gampang-lapar-ini-cara-mengatasinya/

Tapi jika cara-cara tersebut sudah dicoba dan tak berpengaruh, mungkin Minasan menderita kondisi yang lebih serius.

Coba cek penyebabnya di sini, ya.
URL:   http://www.thehealthsite.com/diseases-conditions/suffer-from-excessive-hunger-12-reasons-you-need-to-take-it-more-seriously/

Semoga artikel di atas bisa membantu ya, Minasan!