Mewarnai rambut dengan bahan alami memang tidak secepat menggunakan cat rambut kimia tapi cat rambut dari bahan alami bisa sekaligus menutrisi rambut. Jika selama ini rambut kamu kering, rontok, bahkan bercabang setelah proses pewarnaan, dengan menggunakan cat rambut alternatif ini kamu tidak perlu khawatir. 

Rambut Blonde dengan Kunyit

Rambut blonde memang cukup menarik untuk dicoba. Rambut pirang cantik ala wanita Barat bisa kamu dapatkan dengan menggunakan kunyit.

Caranya, siapkan kunyit secukupnya kemudian parut. Tambahkan air hangat dan peras sampai mendapatkan segelas larutan air kunyit yang pekat. Usapkan masker air kunyit tersebut pada setiap helai rambut atau kamu masukan larutan kunyit ke dalam botol spray dan semprotkan pada rambut yang ingin kamu warnai sambil dipijat agar cairan meresap sempurna. Biarkan beberapa saat sampai kering.

Setelah kering, cuci rambut kamu sampai bersih dan ulangi proses pewarnaan ini 2 hari sekali sampai mendapatkan warna rambut pirang yang kamu inginkan.

Rambut Merah dengan Paprika & Buah Bit

Selain warna blonde, warna merah adalah salah satu warna favorit yang juga banyak dipilih. Kamu pun bisa mendapatkan rambut merah terang yang cantik dengan cat rambut alami yang terbuat dari campuran buah bit dan paprika.

Siapkan bubuk buah bit dan bubuk paprika. Jika tidak ada kamu bisa memotong dadu buah bit dan paprika kemudian blender sampai halus. Kemudian saring untuk mendapatkan sari dari keduanya. Campurkan buah bit dan paprika tersebut. Jka kamu menggunakan bubuk kamu bisa menambahkan sedikit air agar dapat tercampur dengan baik. Campurannya harus kental, jangan sampai menambahkan terlalu banyak air.

Aplikasikan pada setiap helai rambut dengan merata, pijat agar campuran meresap pada rambut. Kemudian tutup menggunakan shower cap 1-2 jam atau sampai terasa kering. Bilas dengan air bersih, dan ulangi proses pewarnaan tersebut 2-3 kali seminggu sampai mendapatkan warna merah yang kamu inginkan.

Jika tidak ada buah bit dan paprika, kamu bisa menggantinya dengan bunga sepatu dan bunga mawar yang ditumbuk dan kamu akan menghasilkan warna merah yang lebih gelap.

Rambut Cokelat dengan Campuran Kopi & Teh

Rambut cokelat cocok untuk wanita asia yang kebanyakan memiliki kulit sawo matang. Untuk kamu yang ingin memiliki rambut cokelat namun malas ke salon, kamu bisa menggunakan campuran dari seduhan teh dan kopi.

Caranya cukup mudah. Seduh teh dan kopi di gelas yang berbeda sama banyak. Pastikan seduhan teh atau kopi yang dihasilkan cukup pekat. Campurkan seduhan kopi dan teh tersebut, aduk rata dan biarkan sampai benar-benar dingin. Tuangkan campuran tersebut pada setiap helai rambut secara perlahan. Pijat rambut agar campuran kopi dan teh terserap dengan baik oleh rambut.

Setelah cukup merata tutup dengan shower cap dan diamkan selama kurang lebih 30-40 menit lalu bilas dengan air bersih. Ulangi proses pewarnaan hingga seminggu 2 kali sampai mendapatkan warna cokelat yang cantik untuk rambutmu.

Untuk mendapatkan warna cokelat yang terang kamu bisa menggunakan campuran seduhan teh dan perasan air lemon. Caranya hampir sama, seduhan teh dicampur dengan perasan air lemon dengan perbandingan 1:1, kemudian aplikasikan pada rambut.

Menggunakan bahan alami memang tidak secepat menggunakan cat rambut pada umumnya. Namun, dengan penggunaan yang tepat dan telaten kamu akan mendapatkan warna rambut yang cantik dan juga rambut yang sehat. Kamu tidak perlu khawatir rambut kamu kering dan rusak setelah pewarnaan meskipun dilakukan secara berulang-ulang, karena cara ini tidak mengandung zat kimia yang berbahaya.

Nah, mudah bukan? Tertarik untuk mencoba?