1. Bersihkan Wajah dan Basuh Menggunakan Air Dingin

Sebelum makeup sebaiknya bersihkan wajah terlebih dahulu. Gunakan air dingin untuk membuat wajah lebih segar. Selain itu suhu air dingin ternyata mampu membuat kulit lebih halus dan kencang. 
 

source: http://skin.co.id/cantik-selama-puasa-perawatan-kulit-kuncinya/

2. Jangan Abaikan Penggunaan Pelembap

Pastikan kamu menggunakan pelembap sebelum menggunakan makeup lainnya. Moisturizer dapat menjaga kelembapan kulit dan membuatnya tidak mudah kering. Selain itu pemakaian pelembap dapat membuat makeup menempel lebih lama. Bila kamu menggunakan foundation sebaiknya ganti menggunakan BB cream agar riasan lebih ringan. Wajah lelah dengan makeup yang berat justru membuat riasan pecah. 

source: http://makeupandbeauty.com/tips-toning-moisturizing/

3. Samarkan Lingkaran Bawah Mata

Kamu bisa mengompres mata yang lelah karena kurang tidur dengan cara alami terlebih dahulu. Kompres mata menggunakan handuk yang di dalamnya terdapat es batu selama beberapa menit. Atau menggunakan timun untuk membuat mata lebih segar. Saat makeup kamu bisa mengandalkan concealer berwarna orange untuk menyamarkan dark circle. 

source: https://www.amazon.co.uk/Girl-Cosmetics-Concealer-Orange-Corrector/dp/B0136ZFODS

4. Gunakan Bedak Secukupnya

Bila menggunakan bedak sebaiknya aplikasikan secukupnya. Bedak yang terlalu tebal justru membuat wajah tampak kusam. Cukup aplikasikan di daerah yang mudah berminyak seperti pada T-zone yaitu hidung, dahi, dan dagu.
 

source: http://kawankumagz.com/Beauty/Tips-Menggunakan-Bedak-Yang-Tepat

5. Tambahkan Eyeliner Netral di Bawah Mata

Banyak wanita memilih eyeliner hitam atau putih untuk di area bawah mata. Namun hal ini tidak berlaku untuk wajah yang lelah. Sebaiknya gunakan eyeliner berwarna nude, beige atau gold yang lembut untuk menyamarkan kemerahan di sekitar mata. Gunakan di sepanjang waterline atau garis mata. 

source: http://www.sociolla.com/makeup/2313-eye-liner-pencil.html#/shade-goddess_gold_mo

6. Cream Blush untuk Wajah Fresh

Agar wajah tampak lebih segar kamu bisa menambahkan cream blush. Gunakan tipis saja karena teksturnya dapat meresap dan membaur sempurna. Sehingga membuatnya lebih terlihat alami dan tidak berlebihan.
 

source: http://skylark9.blogspot.co.id/2013/07/rangkaian-produk-revlon-photoready.html

7. Tambahkan Mascara dan Lipstick Agar Wajah Lebih Hidup

Buat bulu mata lebih lentik dengan memulaskan mascara dua kali. Bulu mata yang lentik akan membuat mata jadi lebih hidup. Tambahkan lipstik berwarna nude bila tidak suka menggunakan lipstik bold. Setidaknya pilih warna yang membuat bibir tidak tampak kering dan pucat. 
 

source: http://www.sociolla.com/journal/inspiration/lipstik-nude-yang-membaur-sempurna-dengan-warna-kulit