Jangan Asal Mewarnai Rambut

Sayangnya tidak sedikit wanita yang asal mewarnani rambutnya. Padahal, hal itulah yang bisa membuat rambutmu rusak. Misalnya proses bleaching atau proses penghilangan warna asli rambut agar cat rambut bisa menyerap lebih sempurna dan tentunya ini dapat merusak rambut asli. Proses bleaching juga menyebabkan rambut jadi putih, kusam, dan terasa kasar bila dipegang.

Gunakan Produk Berkualitas

Selalu gunakan produk yang berkualitas untuk mewarnai rambut aslimu. Sebelum menggunakan sebuah produk pastikan kalau produk tersebut cocok dengan jenis kulit kepalamu. Kamu bisa mengujinya pada bagian telinga belakang. Gunakanlah produk yang berkualitas. Jangan menggunakan produk yang tidak sesuai dengan kulit karena bisa menyebabkan alergi.

Pilih Sampo Sesuai Jenis Rambut

Pilihlah sampo yang sesuai dengan jenis rambut, apalagi dalam masa pemulihan akibat cat warna rambut. Selain itu selama masa perawatan, gunakan minyak zaitun, minyak kelapa ataupun bahan alami lainnya agar rambut tetap lembap dan tidak kusam. Gunakanlah secara teratur minimal 2 kali pemakaian dalam seminggu.

Gunakan Masker Rambut

Kamu bisa memakai masker rambut secara teratur. Hal ini bertujuan untuk membantu dan mecegah kerusakan pada rambut. Bahan kimia yang terdapat pada pewarna rambut bisa membuat rambut kamu terlihat kering dan kusut,. Itulah sebabnya kamu perlu menggunakan masker rambut secara teratur. Gunakan masker dari bahan alami seperti buah-buahan.

Jangan Terlalu Sering Keramas

Jika rambutmu rusak atau rontok akibat cat warna, hindari mencuci rambut terlalu sering apalagi setiap hari, karena rambut akan rentan terhadap sampo yang mengandung bahan kimia ataupun produk kondisioner. Mencuci rambut setiap hari juga bisa mengurangi minyak alami rambut sehingga membuatnya menjadi kering, kusam, serta kasar saat dipegang.

Lindungi Rambut

Sinar matahari yang terpancar langsung ke rambut dapat membuat rambut rusak. Apalagi setelah rambutmu berulang kali mangalami proses pewarnaan. Kamu bisa menggunakan topi atau payung ketika melakukan aktivitas di bawah sinar matahari langsung untuk melindungi rambutmu.

Selain itu, jangan lupa untuk memberikan serum untuk melindungi rambut agar tetap kuat. Serum mengandung banyak vitamin untuk memperbaiki kondisi rambut. Gunakanlah serum pada saat rambut dalam keadaan setengah kering, agar kandungan serum masuk ke dalam folikel rambut.

Rambut kusam dan rusak akibat cat warna rambut? Ikuti tips di atas agar rambutmu sehat seperti sedia kala.