Setelah membahas warna blusher yang cocok dengan warna kulitmu dan cara mengaplikasikan blusher sesuai bentuk wajah, kita sebaiknya mencari tahu jenis-jenis blusher yang tersedia. Setiap jenis blusher memiliki kelebihan tersendiri, dan dapat memberikan hasil yang berbeda-beda.

Powder

Powder blush adalah bentuk blusher yang paling umum diketahui. Rata-rata powder blush hadir dalam pilihan warna yang sangat beragam, dibanding jenis blusher lainnya. Powder blush dapat berbentuk padat atau compact powder blush seperti Revlon Naturally Glamorous Blush On atau berbentuk loose powder blush seperti Bare Minerals Mineral Blusher.
 

source: https://coffeeandmakeup.com/revlon-powder-blush-review-roundup-and-swatchfest/

Cocok digunakan untuk semua jenis kulit, terutama jenis kulit berminyak karena bentuk powder akan membantu menyerap kelebihan minyak pada kulit, sehingga hasilnya lebih tahan lama. Namun, jika kulitmu memiliki masalah tekstur, sebaiknya jauhi jenis powder blush karena dapat mempertegas tekstur kulit yang kasar.

Powder blush sangat mudah diaplikasikan menggunakan kuas rias, serta mudah dibaurkan. Pilih kuas yang fluffy untuk mendapatkan hasil alami.

Cream dan Mousse

Cream blush akan memberikan hasil yang lebih alami dan bahkan dewy dibanding powder blush. Dikemas dalam bentuk cair, pot atau stick, cream blush dapat diaplikasikan menggunakan jari sehingga sangat praktis untuk touch-up maupun dibawa bepergian.

Pada dasarnya, cream blush lebih tepat untuk kulit normal hingga kering. Jika kulitmu berminyak, sebaiknya kamu mengaplikasikan powder blush setelah cream blush, atau sempatkan untuk touch-up secara berkala.

source: http://beautytidbits.com/2016/02/best-drugstore-cream-blush/

Gel

Blusher berbentuk gel terasa ringan dan mudah dibaurkan. Sayangnya, jenis blusher ini kurang tahan lama, dan kurang pigmented sehingga sulit terlihat pada kulit gelap.

Jika ingin menggunakan gel blusher, pastikan kamu sering touch-up, dan pilih warna yang lebih bold seperti merah atau oranye agar warnanya tampak.

Stain

Cheek stain dapat menjadi solusi bagi kamu yang sedang mencari blusher yang tahan lama. Dikemas dalam bentuk cair maupun stick, cheek stain sangat pigmented, bahkan hingga meninggalkan stain atau rona kemerahan pada kulit. Umumnya, produk cheek stain sekaligus berfungsi sebagai lip stain, sehingga praktis untuk dibawa bepergian.

Karena tahan lama, cheek stain cocok untuk semua jenis kulit, asalkan dalam kondisi lembap. Karena produk ini lekas menempel di kulit, kamu harus segera membaurkan cheek stain dengan cepat. Ada baiknya berlatih membaurkan cheek stain sebelum memakainya untuk riasan sehari-hari.

Karena sangat pigmented, warna-warna cheek stain hanya berkisar pada merah, pink, dan peach saja.