1. Mengurangi Resiko Kanker

Selain serangan jantung, ada pula kanker yang juga menjadi monster menakutkan bagi banyak orang. Wajar memang, sebab kanker merupakan penyakit yang konon tidak ada obatnya. Bagaimanapun kanker bisa dicegah. 

Mengonsumsi semangka adalah salah satu caranya. Buah semangka dengan kandungan likopen tidak hanya baik untuk melancarkan peredaran darah tapi juga baik untuk menangkal zat yang bersifat karsiogenik atau bisa menyebabkan kanker.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Kamu tentu sudah tahu, bahwa serangan jantung merupakan pembunuh nomor 1 di dunia. Setiap harinya banyak yang dikabarkan meninggal akibat sakit jantung. Kabar baiknya adalah, mengonsumsi buah semangka ternyata mengurangi resiko terkena serangan jantung. Hal ini merupakan manfaat dari zat likopen yang banyak terkandung di dalam buah semangka.

source: http://forum.liputan6.com/t/cara-olahraga-agar-jantung-sehat/44621

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh yang menurun sering menyebabkan kita begitu mudah diserang penyakit bukan? Rajin-rajinlah mengonsumsi buah semangka karena kandungan vitamin C-nya bisa memperkuat system kekebalan tubuh kamu.

4. Bagus untuk Kesehatan Mata

Semangka juga memberi keuntungan pada mata. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin A yang banyak pada semangka. Mengonsumsi semangka bisa membuat mata kamu lebih sehat dan tajam.

source: http://www.solusisehatku.com/5-jenis-makanan-untuk-mata-sehat

5. Menjaga Kekuatan Tulang

Mengonsusmi buah semangka ternyata juga sangat baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Hal ini merupakan manfaat dari kalium yang terkandung di dalamnya. Kalium merupakan sumber mineral kalsium yang merupakan makanan utama untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang.

6. Sehat untuk Ginjal

Jika kamu mengalami masalah dengan kesehatan ginjal, atau jika kamu tidak ingin memiliki masalah dengan ginjal, antisipasi mulai dari sekarang dengan rajin mengonsumi buah semangka atau jus semangka. Buah semangka dengan kandungan airnya yang banyak bisa melancarkan aliran urine. Dengan demikian, sisa metabolisme mengalir dengan lancar keluar tubuh dan tidak merugikan tubuh.

7. Bermanfaat Kesehatan Kulit

Semangka juga memberikan manfaat terhadap tampilan cantik kamu. Buah dengan biji kecil ini bisa mengatasi beberapa masalah pada kulit mulai dari melembapkan kulit, membuat kulit awet muda, menyegarkan dan mencerahkan kulit hingga mencegah dan mengobati jerawat dan komedo. Selain dengan cara dikonsumsi, manfaat semangka untuk kulit ini juga bisa kamu dapatkan dengan cara mengolah buah semangka menjadi masker wajah alami.

Nah, itulah beberapa manfaat  buah semangka bagi kesehatan. Dengan manfaat-manfaat yang telah kamu uraikan tersebut kamu pasti jadi lebih suka mengkonsumsi semangka bukan? Buat yang belum, tidak ada salahnya menjadikan semangka sebagai salah satu buah wajib untuk kesehatan kamu.