Buah semangka termasuk salah satu buah yang menjadi favorit banyak orang dari berbagai kalangan. Hal ini disebabkan karena buah semangka mempunyai rasa yang segar dan manis. Selain rasanya tersebut, buah semangka juga banyak dikonsumsi untuk alasan-alasan kesehatan dan mencegah beberapa penyakit. 

Tahukah kamu? Buah semangka ternyata juga mempunyai beberapa manfaat dalam dunia kecantikan, khususnya kecantikan kulit wajah. Apa-apa saja manfaat buah semangka untuk kecantikan?  

1. Melembapkan Kulit

Sebagaimana diketahui, buah semangka memiliki kandungan air yang cukup banyak. Karena itulah buah semangka sangat segar apabila dikonsumsi. Selain menyegarkan saat dikonsumsi, kandungan air pada semangka juga bisa memberi kesegaran dan kelembapan pada kulit kamu.  

Banyak orang yang memanfaatkan semangka untuk membuat masker wajah agar selalu terjaga kelembapannya. Kandungan airnya akan menghidrasi kulit wajah kamu sehingga menjadi lebih lembap dan kenyal.

source: http://behealthy24.com/moles/white-skin-cancer/

2. Mencegah Jerawat dan Komedo

Komedo dan jerawat merupakan masalah kulit yang tidak pernah habisnya dikhawatirkan banyak orang. Nah, buah semangka juga bisa mencegah munculnya komedo dan jerawat tersebut. Hal ini dikarenakan oleh kandungan antioksidan yang terdapat pada buah semangka.

Dengan kandungan antioksidan tersebut, bakteri dan kuman penyebab komedo dan jerawat bisa dicegah perkembangannya. Artinya, merawat kulit dengan masker semangka ataupun rajin mengkonsumsinya bisa membuat wajah kamu bebas jerawat dan komedo.

source: http://guidelineshealth.com/category/body-care/face/

3. Membersihkan Wajah

Semangka juga bisa menjadi pembersih wajah yang alami. Hal ini disebabkan oleh vitamin A yang terkandung di dalam buah semangka. Zat beta karotennya bisa membersihkan kotoran, bakteri dan minyak wajah secera menyeluruh hingga ke pori-pori kulit.

Dengan demikian, wajah kamu menjadi bersih dan bebas kusam apabila dirawat secara rutin dengan memanfaatkan semangka. Jika kamu tipikal yang tidak mau repot membuat dan mengolah bahan alami menjadi masker, kamu dapat menggunakan masker yang sudah jadi. Sekarang sudah tersedia masker khusus semangka seperti Watermelon and Bean Curd Whitening Moisturizing Facial Mask dari SNCoto atau merek lainnya yang kamu suka.

source: http://www.bonevita.com/proview.aspx?q_cid=2&q_tid=15&q_pid=179

4. Mencerahkan Kulit Wajah

Kamu juga biasa mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah dengan manfaat dari buah semangka. Kandungan vitamin C dan A-nya membuat kulit melakukan regenerasi lebih cepat sehingga sel-sel kulit mati bisa disingkirkan. Jadi merawat wajah kamu dengan buah semangka bisa menghasilkan wajah yang putih, cerah, dan bersinar secara alami.

source: http://newsday24.org/24563-ozonoterapiya-bezoshibochnyy-put-k-zdorovyu-i-krasote-foto.html

Itulah 4 manfaat buah semangka terhadap kecantikan kulit wajah. Kamu bisa mengganti masker kamu dengan masker alami dari buah semangka dengan manfaat-manfaat sebagaimana telah dijelaskan di atas. Dengan manfaat alaminya, kamu akan terbebas dari bayang-bayang efek samping yang biasanya dikhawatirkan dari produk kecantikan produksi pabrik.

Tidak hanya perawatan kulit dari luar saja, kamu juga bisa melakukan perawatan kulit dari dalam dengan buah berukuran besar ini. Kamu bisa langsung memakannya atau juga bisa mengolahnya menjadi jus semangka. Hal yang terpenting nutrisinya sampai ke kulit kamu.