1. Zinc atau Seng

Mungkin kamu sering mendengar kalau rambutlah yang membutuhkan lebih banyak zinc. Namun, perlu diketahui, kuku yang tumbuh dengan sehat juga tidak terlepas dari peranan zinc. Kulit kuku akan lebih kuat berkat kandungan antioksidan yang dimiliki oleh zinc. Untuk mendapatkan asupan zinc, kamu dapat mengkonsumsi makanan seperti rumput laut, susu, daging merah, alpukat, kacang, ikan, telur, ayam, tiram dan masih banyak lagi.

source: https://www.brain-effect.com/en/magazin/zinc-deficiency

2. Yodium

Jika kuku kekurangan yodium, kuku akan sangat mudah terserang oleh jamur. Saat jamur menyerang, kuku akan menjadi rusak bahkan bisa mengalami sakit yang cukup parah. Kuku yang kurang yodium juga mudah mengelupas atau lepas.

Hidup tanpa kuku tentu sangat menyedihkan. Oleh karena itu, secara berkala konsumsi makanan yang mengandum yodium seperti garam untuk penyedap makanan, rumput laut, ikan cod, cumi-cumi, kerang, dan susu.
 

3. Kolagen

Bagi kamu yang concern pada kesehatan dan kecantikan kulit, tentu sudah akrab dengan kolagen yang tidak kalah penting manfaatnya untuk kuku. Kolagen secara tidak langsung akan memperkuat kuku dan mendukung pertumbuhannya. Untuk mendapatkan kolagen, kamu bisa mengonsumsi  lebih banyak buah-buahan. Buah tomat, alpukat, apel, pear, anggur, lemon, mangga dan lainnya dikenal sebagai buah yang kaya kolagen.

source: http://www.planoaesthetics.com/wp/index.php/8-collagen-boosting-foods/

4. Kalsium

Kalsium bukan hanya sangat dibutuhkan oleh tulang agar tumbuh kuat. Kuku dan rambut memerlukan kalsium dalam jumlah yang cukup. Kuku yang mudah terserang bintik-bintik putih dipercaya disebabkan oleh kekurangan kalsium. Hal tersebut akan semakin parah jika diiringi dengan kekurangan seng, kuku akan begitu rentan rapuh. Apa saja makanan yang mengandung kalsium? Kamu dapat mengonsumsi ikan sarden, jeruk, buah wijen, almond, pisang, brokoli, bayam, kale dan masih banyak lagi. 
 

5. Zat Besi

Saat tubuh kekurangan zat besi, kita akan menjadi lemah dan kurang tenaga. Tidak jauh berbeda dengan kuku, kuku yang kekurangan zat besi menjadi tidak kuat dan rentan mengalami masalah. Konsumsilah telur, hati, telur ikan, daging, ayam, bayam, kangkung, jeruk, alpukat, kurma, dan kedelai.  

6. Vitamin A,B,C,D,E, dan K

Keenam vitamin ini sangat besar pengaruhnya untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk untuk kesehatan kuku. Beberapa pakar menyarankan 2 atau 3 vitamin saja terkait pertumbuhan kuku tetapi beberapa orang percaya semua vitamin diperlukan kuku.  

Tidak ada salahnya kamu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin berbeda secara selang seling. Selain organ tubuh yang lain sehat, kuku kamu juga akan terjaga. Umumnya vitamin terdapat dalam buah-buahan seperti apel, anggur, jeruk, nanas, alpukat, pisang, dan sebagainya. 

source: http://www.hunterlab.com/fruit-color-measurement.html

Untuk menyiasati kerusakan kuku, kamu perlu memperhatikan apakah selama ini sudah memberikan nutrisi yang cukup untuk kuku atau belum. Jika masih kurang, mulailah dari sekarang. Jangan sampai kuku terlanjur rusak karena kerusakan kuku akan memakan waktu dan biaya. 

Jika kamu tipikal yang malas makan berbagai buah dan makanan tertentu, mengkonsumsi vitamin berbentuk pil dapat jadi alternatif. Tetapi biasanya produk yang ada khusus untuk vitamin tertentu, seperti Vitalong C dan Ester C Plus untuk vitamin C atau Nourish E untuk vitamin E.

source: http://kiosprodukcni.com/ester-c-plus-cni-tablet-40-tab/