Model rambut memegang peranan yang sangat penting dalam menunjang kecantikan seorang wanita, layaknya mahkota wanita. Namun, salah memilih gaya rambut justru membuat tampilan menjadi kurang menarik. Ada yang terlihat tua, terlihat kuno, dan jadi kurang menarik. Hal ini terjadi akibat kesalahan dalam memilih model rambut.

Sebagaimana kita tahu, secara umum bentuk wajah bisa dibagi menjadi wajah kotak, wajah panjang, wajah hati, wajah hati dan wajah bulat. Pemilihan model rambut harus disesuaikan dengan bentuk wajah. Nah, berikut ini cara memilih model rambut sesuai bentuk wajah kamu. Kali ini akan dikhususkan pada pemilihan rambut pendek, sebab rambut pendek sekarang lebih banyak disukai karena lebih simpel.

1. Model Rambut Pendek untuk Wajah Kotak

Wajah kotak atau wajah persegi adalah bentuk wajah dengan lebar dahi dan rahang hampir sama. Orang yang memiliki wajah kotak memiliki rahang agak tegas dan sedikit terlihat kaku. Untuk bentuk wajah jenis ini, kamu bisa memilih potongan rambut pendek berlayer namun tidak simetris.  

Buatlah potongan tipis yang menyamping di bagian wajah. Hal ini untuk membuat kesan wajah kamu menjadi lebih runcing dan berdagu. Untuk wajah persegi, hindari model rambut yang dicatok sebab akan mempertegas garis wajah kotak kamu.

source: http://therighthairstyles.com/20-best-hairstyles-for-square-faces-rounding-the-angles/

2. Model Rambut Pendek untuk Wajah Panjang

Jika kamu memiliki wajah panjang dan tirus, buatlah potongan rambut pendek yang tebal pada kedua sisinya. Kamu bisa memilih model bob yang tebal. Sisir menyamping untuk kesan wajah lebih berisi dan tambahkan poni untuk memgurangi siluet panjangnya.

Hindari model rambut lurus dan sisir tengah untuk wajah panjang karena akan membuat wajah kamu menjadi semakin terlihat panjang dan tirus. Wajah panjang cenderung membuatmu terlihat lebih tua dan kurang fresh, jadi pastikan rambut kamu tidak memberikan kesan lebih tua dari umurmu.

source: http://pophaircuts.com/best-short-haircuts-for-long-face

3. Model Rambut Pendek untuk Wajah Hati

Wajah hati adalah bentuk wajah dengan dahi besar dan dagu yang kecil. Pemilih wajah hati umumnya memiliki dagu yang runcing. Untuk wajah jenis ini, model rambut yang cocok adalah model bob atau layer dengan cara memberikan ilusi rambut lebih tebal di bagian bawah telinga. Hal ini untuk menyiasati agar bagian rahang yang runcing tidak terlalu kosong. Untuk mengurangi kesan dahi yang terlalu lebar, buatlah poni tipis dengan arah menyamping.

source: http://hairstyles.itlacapital.com/short-bob-haircuts-for-heart-shaped-faces/

4. Model Rambut untuk Wajah Bulat

Jika kamu memliki wajah bulat, rambut pendek sebenarnya bukan pilihan yang terbaik sebab bisa membuat wajah kamu semakin terlihat chubby dan bulat. Namun jika kamu lebih menyukai rambut pendek, kamu bisa menyiasatinya dengan membuat poni dengan layer yang tinggi. Hal ini membuat kesan wajah kamu menjadi lebih panjang. Buat panjang rambut kira-kira sebahu agar terlihat pas dengan bentuk wajahmu.

source: http://stylesweekly.com/trendy-short-hairstyles-women-round-faces/

5. Model Rambut untuk Wajah Oval

Bersyukurlah kamua yang memiliki wajah oval. Sebab model rambut pendek apapun akan cocok untuk pemilik wajah oval. 

source: http://favehairstyles.com/2016/03/21/beautiful-hairstyles-for-oval-faces-womens/

Nah, jangan asal tiru gaya saja ya, nanti  malah tidak cocok dengan wajah kamu. Untuk model rambut, yang terpenting adalah menyesuaikannya dengan bentuk wajah agar menghasilkan bentuk yang sesuai dan indah dipandang. Sudah siap dengan rambut pendek cantikmu?