Jerawat dan Penyebabnya

Jerawat adalah masalah kulit yang paling sering kita alami. Penyakit ini sangat biasa dan sama sekali tidak berbahaya namun keberadaannya dapat mengganggu penampilan dan merusak kepercayaan diri kamu. Sebelum kamu mencari solusi untuk mengatasinya, kamu perlu mencari tahu penyebabnya. Sebenarnya ada berapa banyak penyebab jerawat? Simak ulasannya berikut ini!

source: http://wajahjerawat.com/30-penyebab-timbulnya-jerawat-di-wajah
  1. Bakteri. Jerawat banyak disebabkan oleh bakteri Acne vulgaris akibat kita kurang menjaga kebersihan sehingga bakteri ini dapat menginfeksi kulit.
  2. Jamur. Selain bakteri jamur juga dapat menginfeksi kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat, biasanya jerawat yang disebabkan jamur tidak terasa sakit ataupun nyeri dan terlihat seperti komedo namun dengan ukuran yang lebih besar. Jamur ini dapat menyebabkan jerawat karena keringat berlebih yang menempel pada baju kita, umumnya terjadi pada area leher dan punggung, namun dapat juga muncul pada wajah.
  3. Pori yang tersumbat. Pori kulit adalah media kulit untuk bernapas. Apabila pori kulit tersumbat maka minyak dan kotoran didalamnya akan menumpuk dan menimbulkan jerawat dan komedo pada kulit.
  4. Perubahan hormon. Mendekati datang bulan pasti kamu merasa kulit menjadi kasar dan muncul jerawat. Ini adalah hal yang wajar, kamu cukup bersabar maka jerawat akan hilang dengan sendirinya.

Cara Mengatasi

Perlu kamu ketahui, semua jenis jerawat memiliki satu hal yang sama yaitu pori yang tersumbat akibat terisi minyak dan kotoran maupun tumpukan sel kulit mati, maka kamu harus selalu menjaga kebersihan pori kulitmu untuk mencegahnya. Lalu, bagaimana jika sudah terlanjur muncul jerawat? Untuk itu kamu harus membersihkan kulitmu dengan bahan aktif yang mampu mengeluarkan kotoran dalam pori kulitmu, atau istilahnya purging. Bahan aktif yang dapat melakukan ini adalah AHA dan BHA. Salah satu BHA yang paling terkenal adalah asam salisilat.

Purging

Asam salisilat dapat membersihkan pori kulitmu dari berbagai kotoran yang menumpuk di dalamnya. Mungkin kamu akan mengalami purging, yaitu kulitmu akan tampak lebih buruk dan lebih berjerawat dari sebelumnya namun itu adalah mekanisme asam salisilat untuk mengeluarkan kotoran yang tertimbun dalam pori kulitmu. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk purging? Hal itu tergantung pada timbunan kotoran dalam pori kulitmu. Umumnya kamu akan mengalaminya sekitar 3-5 minggu. Setelahnya kulitmu akan kembali membaik bahkan lebih baik dari sebelumnya karena pori kulitmu telah bersih.

source: http://www.prevention.com/beauty/skin-care/5-acne-myths-popped

Sumber Asam Salisilat

Kandungan asam salisilat yang tinggi dapat kamu temui pada stroberi. Cobalah membuat scrub dari buah ini untuk membersihkan pori kulitmu!

Bahan:

  1. Stroberi matang
  2. Sdm plain yogurt
Cara membuat:
  1. Haluskan buah stroberi secara kasar.
  2. Tambahkan plain yogurt.
  3. Gunakan campuran ini untuk memijat kulit wajah selama 15 menit
  4. Bilas dengan air dan keringkan wajah dengan handuk bersih.
source: http://www.adagio.com/flavors/strawberry.html

Kamu bisa melakukan metode ini 3 kali dalam seminggu, selamat mencoba!