Perbanyak Minum Air Putih

Selain menunjang kesehatan, memperbanyak konsumsi air putih juga dapat membantu melembapkan dan mencerahkan kulit. Kekurangan air putih dapat membuat kulit kering, kusam, dan terlihat tidak sehat. Minumlah air putih di pagi hari saat baru bangun tidur serta jangan lupa mengonsumsi air putih minimal 8 gelas atau 2 liter perhari.  

Kopi Sebagai Facial wash

Yang satu ini dapat digunakan sebagai bahan pencuci muka sehari-hari. Pertama, kamu dapat menggunakan sisa ampas maupun pasta dari kopi hitam. Cukup ambil sedikit untuk kemudian dicampurkan dengan facial wash yang kamu punya. Gosokkan pada kedua telapak tangan dan pijat lembut wajah. Kopi juga berguna untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah yang menjadi penyebab kekusaman.

Menggunakan Masker Lemon dan Madu

Lemon terbukti dapat mencerahkan dan meningkatkan tone warna kulit. Sedangkan madu berguna sebagai antiseptik serta melembapkan. Caranya peras lemon, atau bisa juga menggunakan lemon yang telah di jus. Setelah itu, campurkan air perasan lemon/jus dengan madu. Gunakan masker ini secara rutin minimal 2 hari sekali. 

Rutin Konsumsi Teh Hijau

Kekusaman pada kulit dapat disebabkan oleh pengaruh lingkungan seperti polusi, maupun makanan tidak sehat yang terserap oleh tubuh. Maka itu, mengonsumsi teh hijau secara rutin baik untuk detoksifikasi racun pada tubuh sehingga kulit semakin sehat dan cerah. 

Gunakan Masker Buah Tomat

Tomat mengandung antioksidan dan dapat mencerahkan kulit. Blender atau haluskan tomat dan aplikasikan ke wajah sebagai masker. Sebelumnya, kamu juga dapat mencampur masker tomat dengan madu untuk kelembapan esktra.
 

Mengoles Wajah dengan Grapeseed Oil

Minyak biji anggur atau grapeseed oil memiliki khasiat seperti vitamin C. Selain melembapkan dan mengurangi kekusaman kulit, grapeseed oil juga dapat meminimalisir lingkaran hitam di bawah mata serta menyembuhkan luka seperti bekas jerawat pada wajah. Grapeseed oil pun lebih mudah diserap oleh kulit dibandingkan minyak-minyak sejenisnya, seperti minyak zaitun misalnya. Oleskan setiap malam sebelum tidur, kemudian biarkan semalaman hingga bangun pagi. 

Putih Telur Sebagai Masker

Opsi masker lainnya berasal dari putih telur yang mampu mencerahkan kulit. Pisahkan putih telur dari kuningnya, kemudian langsung aplikasikan ke wajah. Tunggu kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Untuk mengurangi bau amis, kamu dapat mencampur masker putih telur dengan madu atau lemon. 

Konsumsi Buah dan Sayuran yang Mengandung Vitamin C

Rutinitas mengonsumsi buah maupun sayuran terutama mengandung vitamin C, seperti jeruk, apel, pepaya dan tomat dapat menyehatkan sekaligus mengurangi kekusaman kulit dan membuat kulit semakin bersinar. 

Hindari Merokok dan Minuman Beralkohol

Merokok tidak hanya dapat membuat bibir maupun kantung mata menjadi lebih hitam, tetapi juga mengakibatkan kulit semakin kusam. Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat membuat kulit wajah memerah sehingga terlihat semakin hitam dan tidak sehat. Mulai sekarang, hindari kedua hal di atas untuk hasil kulit yang semakin sehat dan cerah.