Bersihkan Kuku

Jika kamu orang yang suka menggunakan cat kuku, sebaiknya bersihkan dengan menggunakan cairan remover yang aman. Meskipun kamu tidak menggunakan cat kuku, sebaiknya lakukan pembersihan kuku secara rutin dengan cairan remover ini untuk merawat kebersihan kuku dan sekitarnya.

Jangan Memotong Kutikula

Memotong kutikula bukanlah hal yang baik. Memotong kutikula bisa menyebabkan infeksi atau iritasi karena ruang kuku terbuka lebar dan apapun bisa masuk ke dalamnya. Memotong kutikula juga dapat menyebabkan masalah kuku, seperti kuku menggelembung, bintik-bintik putih, atau garis putih. Jika terjadi infeksi, pertumbuhan kuku pun bisa terhambat.

Beri Pelembap

Sebenarnya kutikula adalah bagian dari kulit, jadi sangat penting bagi kamu untuk menjaganya agar tetap lembap. Kutikula bisa mengering, retak, terkelupas, dan bersisik, sama halnya seperti kulit. Setiap pelembap kulit bisa digunakan untuk kutikula. Ketika kamu mengoleskan di tangan dan ada yang tersisa, lebih baik gosokkan ke kutikula.
 

Rendam dengan Air Hangat

Rendam kuku dalam air hangat selama beberapa menit agar kuku lebih lembut. Kamu juga bisa menambahkan minyak zaitun ke dalam air rendaman. Minyak zaitun berguna untuk memperbaiki kelembaban kuku yang biasanya cepat hilang jika terkena air seperti mandi misalnya. Setelah direndam sebaiknya langsung keringkan kuku dan untuk mengeringkannya gunakan kain lembut agar kutikula kuku tidak rusak.

Gunakan Cream Kutikula

Oleskan minyak atau cream kutikula beberapa kali sehari untuk membuat kuku lebih lembut. Selain itu, dianjurkan pula untuk memijat kutikula dan sekitarnya agar daerah tersebut lebih lembap.

Hindari Hal yang Membuat Kutikula Kering

Tangan, kuku, dan kutikula bisa kering jika kamu terlalu sering mencuci piring atau menggunakan aseton untuk membersihkan cat kuku. Jika kamu harus mencuci piring, usahakan memakai sarung tangan dan gunakan penghilang cat kuku yang bebas aseton.

Semoga penjelasan mengenai kutikula dapat memberikan informasi lebih yang bisa membantu kamu untuk hidup lebih sehat lagi.