1. Mestimulasi Kulit

Untuk menstimulasi kulit wajah agar kelenjar sebaceous penghasil minyak alami kulit bekerja semakin aktif, kulit wajahmu harus dipijat secara teratur dengan lembut. Untuk itu gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit saat melakukan massage ini.

2. Gunakan Lap Lembut

Kulit wajah yang kering memang cenderung lebih sensitif. Cara merawat wajah kering secara alami adalah tidak menggosoknya keras-keras. Hal ini terjadi biasanya saat kamu mengeringkan wajah sehabis mandi atau seusai mencuci wajah. Disarankan menggunakan lap atau handuk lembut dan menempelkannya pada wajah perlahan-lahan.

3. Pelembap yang Tepat

Karena kelenjar minyak tak dapat bekerja secara maksimal, sebagai perawatan luar kamu harus menggunakan pelembap. Jenis pelembap yang sesuai bagi pemilik kulit kering adalah yang berjenis krim, karena lebih kaya kandungan minyak daripada yang berjenis lotion. Bila ingin menggunakan bahan yang lebih alami, kamu bisa menggunakan minyak zaitun. Pilih jenis minyak zaitun extra virgin oil yang merupakan ekstrak dari pemrosesan pertama agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

4. Oleskan Body Lotion

Selain merawat wajah dengan krim, jangan lupa juga untuk merawat kulit tubuh terutama setelah mandi. Kegiatan yang kamu lakukan setiap hari ini berpotensi untuk mengeringkan kulit. Oleskan lotion atau baby oil setelah mandi agar kulit tubuh terjaga kelembapannya.

5. Gunakan Krim Malam

Di malam hari saat kamu tengah beristirahat, kulit bekerja untuk melakukan regenerasi sehingga sel kulit baru yang lebih sehat akan terbentuk. Untuk itu, sangat penting untuk mengoleskan krim malam sebelum tidur agar proses ini berjalan lebih optimal. Kamu dapat menggunakan krim malam dengan bahan dasar susu atau minyak zaitun, agar lebih sehat.

6. Gunakan Krim Anti-Aging

Kamu harus waspada bila mulai muncul keriput pada garis senyum, dahi, atau area mata. Padahal di usiamu harusnya hal itu belum terjadi. Oleh karena itu, gunakan krim anti penuaan semenjak dini untuk menjaga kesegaran dan elastisitas kulit. Ini juga merupakan salah satu cara alami merawat wajah kering dan kusam.

7. Oleskan Essential Oil

Jangan lupa untuk mengaplikasikan masker setiap satu atau dua minggu sekali dengan beberapa bahan yang direkomendasikan seperti lidah buaya, madu, yoghurt, atau susu. Kamu juga bisa menambahkan minyak atsiri dari bahan sari mawar, ylang ylang, chamomile, dan cendana. Bahan-bahan tersebut berkhasiat untuk membuat kulit kering menjadi halus dan lembap.

Perawatan secara rutin akan membuat kulit yang cenderung kering tetap terjaga kelembapan dan kehalusannya.