Vitamin A

Vitamin A berperan sebagai sintetis keratin di dalam tubuh, yang dibutuhkan untuk menjaga kekuatan kukumu. Selain itu, vitamin A dapat membantu pertumbuhan kuku dan menghindari kekeringan pada kuku. Sumber vitamin A terdapat pada labu, ubi jalar, tomat, wotel, pepaya, bayam, semua sayuran berwarna hijau lainnya, telur dan susu beserta olahannya.

Vitamin B

VItamin B berfungsi membantu menjaga tekstur kuku dan infeksi kuku akibat masuknya bakteri dan jamur. Kekurangan vitamin B akan menyebabkan kuku menjadi tipis, melengkung tak beraturan atau bahkan membulat. Biotin pada vitamin B bagus untuk membantu mempercepat pertumbuhan kuku dan mencegah kuku pecah. Sereal, paprika, kacang - kacangan, susu, keju, telur dan ikan adalah sumber protein pada vitamin B.

Vitamin C

Vitamin C dapat membantu kuku terhindar dari dehidrasi dan mencegah agar kuku tidak kusam dan kering. Sumber vitamin C adalah jeruk, lemon, jeruk nipis, kubis, kembang kol, brokoli, peterseli, dan asparagus.

Vitamin D

Vitamin D dapat membantu memproduksi keratin, yang mencegah kuku mengelupas. Vitamin D terdapat pada salmon, tenggiri, daging sapi, kuning telur, dan keju.

Vitamin E

Vitamin E dapat meningkatkan tekstur kuku dan menguatkan kuku. Sereal, sayur berdaun hijau, almond, biji matahari, kemiri, dan kacang tanah adalah sumber vitamin E.

Vitamin K

Vitamin K dapat menghindari kuku pecah dan retak. Sumber vitamin K terdapat pada sayuran hijau, plum, mentimun dan kacang polong.

Mau kuku lebih idah dan sehat? Makanlah makanan bergizi seperti diatas. Selain membuat kuku indah, makanan tersebut membuat tubuh juga lebih sehat dan segar. Manfaat ganda untuk kesehatan, bukan?