1. Perhatikan Kondisi Kulit

Kondisi kulit yang sehat akan membuat makeup menempel sempurna termasuk foundation. Bila memiliki kulit kering dan bersisik lakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati. Bila tidak dibersihkan sel kulit juga akan terlihat saat memakai foundation. Pilih produk eksfoliasi yang ringan seperti eksfoliating cleanser atau eksfoliating toner. Boleh saja menggunakan scrub wajah namun pilih yang butirannya ringan dan lembut. Kemudian lanjutkan dengan pemakaian serum atau pelembap, baru kemudian menggunakan foundation. 

source: http://www.pictaram.com/tag/jualpixioriginal

2. Base Makeup

Sebelum menggunakan foundation kamu bisa mengaplikasikan primer agar lebih tahan lama. Primer dapat menahan foundation meski dalam keadaan berkeringat sekalipun. Namun, bila sudah menggunakan primer tidak perlu lagi memakai pelembap. Kamu bisa langsung memakai foundation setelah base makeup. 
 

source: http://www.bourjois.co.uk/catalog/make_up/complexion/enhancer/happy_light_matt_serum_primer

3. Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Sesuaikan foundation dengan jenis kulit untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Bila kamu memiliki jenis kulit berminyak pilih foundation yang hasilnya matte. Foundation jenis ini lebih mampu menyerap minyak yang berlebihan pada wajah. Bila memiliki jenis kulit kering pilih foundation yang memiliki kandungan pelembap dan memberikan efek dewy (kilau sehat) pada wajah. Bisa juga dengan mencampurkan pelembap pada foundation langsung untuk memberikan kelembapan ekstra di wajah. 

source: http://www.maybelline.ca/products/face-makeup/foundation/fit-me-matte-poreless-foundation.aspx

4. Cara Memakai Foundation dari Dalam ke Luar

Jangan langsung menggunakan foundation pada wajah. Tuang foundation pada telapak tangan, gunakan jari kemudian aplikasikan pada pipi dan dagu. Ratakan menggunakan spons atau kuas foundation. Mulai ratakan dari dalam ke arah luar wajah agar hasilnya tidak belang.

source: http://beautybargainista.com/blog/use-concealer-as-foundation/

5. Gunakan Bedak Tabur

Tutup foundation dengan bedak tabur untuk mendapatkan wajah lebih flawless. Bedak tabur memiliki partikel kecil yang bisa menyerap minyak berlebihan pada wajah. Sehingga saat wajah mulai berkeringat foundation tidak mudah luntur.

source: http://infokecantikan.co/rubrik/1838/Bedak-Tabur-Vs-Bedak-Compact-Pilih-Mana.html