1. Hindari Cleanser yang Mengandung Alkohol & Whitening

Kulit wajah yang sensitif harus selalu dalam keadaan bersih agar terhindar dari jerawat. Namun, kulit sensitif biasanya memiliki tekstur kulit yang kering. Maka, dalam menggunakan produk pembersih wajah, hindari memakai sabun yang terlalu keras, toner yang mengandung alkohol, dan produk pembersih wajah yang mengandung bahan whitening. Produk pemutih wajah atau pencerah kulit biasanya akan mengikis lapisan kulit, sehingga tidak cocok digunakan pada kulit yang sensitif.

source: http://mengatasikulitkering.com/

2. Gunakan Pelembap Berbahan Dasar Lidah Buaya

Kulit wajah yang sensitif perlu untuk dilembapkan agar tetap sehat. Namun, berhati-hatilah dalam memilih produk pelembap wajah. Selain menghindari produk yang mengandung alkohol dan zat whitening, sebaiknya kamu memilih pelembap dengan kandungan bahan yang bersifat menenangkan (calming/soothing). Aloe vera atau lidah buaya merupakan salah satu bahan yang efektif melembapkan sekaligus menenangkan kulit.

source: https://fashiontheday.wordpress.com/2014/03/12/membuat-pelembab-alami-dari-lidah-buaya/

3. Pilih Sunblock Bertekstur Gel

Kulit wajah yang sensitif, tipis, dan kemerahan akan bertambah parah keadaannya jika terkena paparan matahari secara langsung. Maka, untuk menghindarkan kulit wajah sensitifmu dari kemerahan dan bintik hitam, kamu wajib menggunakan produk sunscreen ketika akan beraktivitas di luar rumah. Dalam mencari produk suncreen untuk kulit sensitif, hindari menggunakan produk sunscreen yang mengandung minyak agar tidak menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.
source: http://saveonshop.com.ph/derma-care/sunblock-gel-spf24-10g-bcp-products-derm-options/

4. Gunakan Masker Yoghurt yang Menenangkan

Jenis kulit apapun sesekali perlu dirawat dengan masker untuk memberi nutrisi lebih pada kulit, begitu juga dengan kulit sensitif. Gunakan masker dengan kandungan bahan yang cocok untuk wajah yang sensitif seperti aloe vera maupun yoghurt 1-2 kali dalam seminggu. Namun, pastikan kamu menggunakan masker pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya agar bahan-bahan terserap dengan baik pada permukaan kulit.

source: http://nembino.blogspot.co.id/2014/02/masker-yogurt-oatmeal-sensitif.html

Nah, itulah langkah skincare routine dengan bahan alami yang baik untuk kulit sensitifmu. Hati-hati dalam merawat kulit sensitif, supaya tidak timbul jerawat dan masalah kulit lainnya.